WWF Indonesia Bersepakat Menyukseskan Program Semesta Berencana Bali Resik Melalui Kegiatan Go Clean Our River 2019

1

Bali Inspirasi.Bergerak, Kurangi dan Atasi Timbulan Sampah Plastik
Blue Bird Group Bali dan Radar Bali (Jawa Pos Group) dan didukung WWF Indonesia bersepakat menyukseskan program Semesta Berencana Bali Resik melalui kegiatan Go Clean Our River (CGOR) 2019.

 

Tim WWF

Seremoni kegiatan dilaksanakan bertepatan dengan 1st Anniversary Radar Bali, 25 Agustus, di Bali dan melibatkan berbagai unsur masyarakat Bali yang komit mengurangi sampah plastic. Kerjasama ini sendiri merupakan bagian dari dukungan Blue Bird dan Radar Bali terhadap Peraturan Gubernur Bali dan Peraturan Walikota Denpasar yang menginstruksikan semua pihak membatasi penggunaan plastic sekali pakai.

Di hari pelaksanaan CGOR 2019, serangkaian kegiatan dilaksanakan di fokuskan di area Taman Hutan Raya Mangrove by Pass, Pemogan Denpasar Selatan.

 

Tim WWF

Kawasan ini merupakan areal konservasi yang terletak di tengah kota dan menjadi salahsatu jalur ‘jebakan sampah plastik’-material yang emiliki sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable) dan membutuhkan waktu 100 – 500 tahun hingga dapat terurai. Dalam situasi tertentu, terutama pasca air pasang, sampah plastic terlihat diantara akar akar mangrove, atau di pesisir areal mangrove ini.

 

Tim WWF

Kawasan mangrove ini sendiri menjadi lokasi dimana para nelayan mencari kepiting, ikan atau biota laut lainnya.

Tim CGOR 2019 menilai, pemilihan areal Taman Hutan Raya sebagai lokasi pembersihan tak hanya membantu areal mangrove bebas dari sampah secara bertahap, tapi sekaligus memberikan ruang bagi banyak pihak untuk berpartisipasi dalam mengurangi sampah.

Sekitar 1000 orang—- perwakilan dari Pemerintah Daerah, TNI, Polri, komunitas, Desa Pekraman, Pramuka dan lainnya— ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini, mulai dari membersihkan areal mangrove dan tepian sungai, memilah sampah, memasang jarring penahan sampah, pemasangan papan himbauan, hingga mengalokasikan bak bak sampah. Demonstrasi pengolahan limbah pastik serta sosialisasi pengurangan plastic juga akan di lakukan melalui pementasan seni dan budaya oleh seniman local Bali (Penari Topeng Sakral Sidarya) Ida Bagus Made Widiantara atau akrab disapa Gus Topeng.bali inspirasi