Wisata Ke Ukraina,Inspirasi Peluang Bisnis

3

Bali Inspirasi.

Peluang Bisnis di Ukraina
Sebuah laporan perjalanan bisnis wisata

 

Histori, Geografi dan Demografi
Ukraina adalah sebuah negara di Eropa Timur. Sesuai data Wikipedia, Ukraina berpenduduk sekitar 42.5 juta (data 2017), menjadikannya sebagai negara dengan penduduk ke-32 terpadat di dunia. Ukraina mendeklarasikan kemerdekaan dari Uni Soviet pada 24 Agustus 1991. Referendum independen dilaksanakan pada 1 Desember dan Kemerdekaan dinyatakan final pada 26 Desember 1991. Setelah kemerdekaannya, Ukraina menyatakan diri sebagai negara netral, lalu membentuk kerjasama militer terbatas dengan Rusia dan negara-negara CIS dan membuat kerjasama dengan NATO pada tahun 1994. Pada tahun 2013, setelah pemerintahan Presiden Viktor Yanukovych memutuskan mengakhiri Perjanjian Ukraine-European Union Association dan mencari ikatan hubungan ekonomi yang lebih dekat dengan Rusia, maka terjadilah gelombang demonstrasi dan protes yang berlangsung berbulan-bulan yang dikenal dengan Euromadian, yang pada akhirnya memuncak pada tahun 2014 yang dikenal dengan Revolusi Ukraina 2014 yang membuat terbentuknya suatu pemerintahan baru (setelah Yanukovich berhenti melakukan kewenanangnya dan meninggalkan negara).
Dengan luas wilayah 603,628 km persegi (termasuk wilayah Semenanjung Krimea yang dalam sengketa dengan Rusia) atau sekitar 233,062 mil persegi, menjadikan Ukraina sebagai satu negara keseluruhan terluas yang berada dalam wilayah Eropa dan menempati urutan ke-46 negara terluas di dunia. Kepadatan penduduk 74 orang per kilometer persegi (peringkat ke-115 di dunia). Luas wilayah perairan 7% dari luas wilayah keseluruhan. Ibukota dan kota terbesar Ukraina adalah Kiev. Ukraina memiliki mata uang sendiri yang disebut Ukrainian Hryvnia (UAH). Sistem mengemudi di sebelah kanan dengan setir kiri. Kode IDD telepon +380. Kode ISO 3166 adalah UA. Dan kode internet.ua
Perbatasan wilayah Ukraina, memiliki posisi yang strategis di Eropa Timur Tengah, berada di sebelah Utara pesisir Laut Hitam dan Laut Azov, berbatasan dengan sejumlah negara Eropa yakni Polandia, Slowakia dan Hungaria di Barat. Belarus di Utara, Moldova dan Rumania di Barat Daya dan Rusia di Timur. Ukraina mempunyai panjang garis pantai 3,783 km (2,351 mil). Garis perbatasan dengan Rusia merupakan garis perbatasan terpanjang Ukraina dan berbatasan dengan Laut Azov.

 

Bahasa resminya adalah bahasa Ukraina dan alfabetnya disebut Cyrillic. Bahasa Rusia juga dipakai secara luas. Agama-agama utama di Ukraina adalah Ortodok Timur dan Katolik Yunani. Etnis utama adalah Ukraina (77.5%), Rusia (17.2%) dan sisanya adalah etnis lainnya seperti Rumania, Belarusia, Krimea, Bulgaria, Hungaria, Polandia, Israel dan Armenia. Kata Ukrania berasal dari bahasa Slavic ‘kraina’ yang berarti ‘negara’ atau ‘tanah’.
Kemudahan Melakukan Bisnis di Ukraina
Ukraina meningkat lima posisi ke peringkat 71 dari 190 negara pada tahun 2019 dalam daftar Bank Dunia untuk kemudahan melakukan bisnis. Dibandingkan tahun 2012 di mana Ukraina berada pada peringkat ke-152 dari 183 negara. Kendati demikian masih banyak yang harus dikerjakan karena peringkat Ukraina masih jauh dari ideal.
Pertanian
Menurut berita Kyiv Post edisi Desember 2018, tahun 2018 Ukraina memproduksi 91.8 juta ton biji-bijian. Hampir 60% diekspor ke Indonesia, Saudi Arabia, Cina dan Belanda.
Ukraina adalah penghasil dan pengekspor terbesar biji bunga matahari, dengan jumlah ekspor tahun 2018 sebesar 5,4 juta ton dengan pendapatan US$ 4 miliar.
Pemulihan Finansial
Menurut National Bank of Ukraina untuk tahun 2018 perbankan di Ukraina membukukan keuntungan lebih dari Hr 15 miliar atau lebih dari US$ 535 juta, suatu catatan tertinggi dalam satu dasa warsa sebelumnya.
Undang-undang mata uang Ukraina yang telah disahkan pada 2018 dan mulai berlaku Februari 2019 diharapkan dapat memberikan dampak positif secara substansial pada perkenomian. Pada bulan November 2018 bank sentral Ukraina mengumumkan bahwa sistem pembayaran UnoniPay International yang berbasis di Cina, suatu sistem pembayaran terbesar di dunia dalam pengeluaran dan volume operasi kartu kredit, telah memasuki pasar Ukraina.

 


Ukraina juga mengambil langkah yang fundamental dalam mempermudah sistem pengembalian pajak pertambahan nilai (VAT) secara otomatis dan online. Saat ini, Ukraina menempati posisi ke-43 dari 190 negara dalam daftar Bank Dunia untuk indeks pembayaran pajak.
Pengembangan Energi
Pada bulan November 2018 produksi gas harian Ukraina meningkat menjadi 59 juta meter kubik, suatu catatan tertinggi sejak 2014. Sedangkan produksi gas yang tercatat bulan Januari-November mencapai 19,1 miliar meter kubik. Jumlah ini belum mencukupi kebutuhan gas domestik yang mencapai 32 miliar meter kubik per tahun.
Projek energi terbarukan menurut Ukrainian Association of Renewable Energy pada tahun 2018 menunjukkan tren yang positif: 428 megawatt telah ditambahkan pada Oktober 2018, yaitu peningkatan sebesar 50% dari tahun sebelumnya. Dari 428 megawatt tersebut 85% adalah penambahan dari pembangkit listrik tenaga surya. Angka ini diharapkan meningkat lebih dari dua kali lipat tahun 2019.
Momentum dan Peluang Bisnis
Perusahaan milik negara, Ukrzaliznytsia, yang mengontrol lintasan transportasi kereta api, menyanggupi para perusahaan pertanian untuk mengangkut hasil biji-bijian mereka. Saat ini perusahaan memiliki 1.758 lokomotif kargo, tetapi hanya setengahnya yang berfungsi, sisanya rusak atau dalam perbaikan. Perusahaan negara ini memesan 30 lokomotif diesel dari General Electric, perusahaan raksasa Amerika, dengan nilai kontrak US$ 1 miliar. Setengahnya sudah dikirim dan sisanya dijadwalkan tahun 2019. Namun jumlah lokomotif yang diperlukan untuk menutupi kekurangan lebih dari 10 kali, yaitu antara 300-500.
Yang tidak kalah pentingnya adalah jalan-jalan di Ukraina. Perbaikan jalan pada tahun 2018 meningkat dengan sangat signifikan, dengan pembiayaan yang dikeluarkan sekitar US$ 13 miliar untuk memperbaiki jalan sepanjang 3,800 km, meningkat 87% diandingkan tahun 2017, menurut Kementerian Infrastruktur Ukraina.

 


Juga telah dilakukan peresmian tunnel kereta api Beskyd, lintasan ganda di pegunungan Carpathian Ukraina, yang menghubungkan infrastruktur Ukraina dengan jaringan transportasi Pan-Eropa koridor V yang membentang dari Venice ke Slovenia, Hungaria dan Lviv. Ini akan mengambil 60% trafik kereta api antara Ukraina dan Uni Eropa.
Namun pelabuhan laut Ukraina mengalami penurunan dalam turnover kargo yang transit sebanyak 11% dibandingkan tahun sebelumnya (turun 8.6 juta ton). Angka ini sebenarnya dengan mudah dapat berubah jika kenaikan tarif pelabuhan laut Ukraina tidak begitu tinggi yang hampir mencapai 20%.
Transportasi udara menunjukkan hasil yang signifikan. Lebih dari 19 juta orang bepergian melalui bandara-bandara Ukraina.
IT Berkembang Pesat
Peningkatan sektor IT (Information Technology) menjadi yang paling sukses di Ukraina memberikan sekitar US$ 4 miliar pada perekonomian Ukraina. Enam capaian tertinggi dalam sektor IT di Ukraina adalah:
4G Masuk ke Ukraina
Para operator mobile phone terbesar di Ukraina seperti Kyivstar, Vodafone Ukraine dan Life Cell, telah menggulirkan generasi ke-4 dari layanan mobile internet yang dikenal dengan 4G. 4G bekerja hampir 4 kali lebih cepat dari 3G, karenanya teknologi ini meningkatkan kemudahan akses pada konten internet pada smart phone modern. Konektivitas yang cepat melalui mobile phone tidak lagi menjadi suatu barang mewah, namun suatu tuntutan dari pengguna. Internet yang semakin cepat membuat layanan langsung yang popular, seperti Netflix, Youtube Music, iTunes dan juga layanan perbankan online, taksi dan distributor aplikasi game memiliki kesempatan berkembang di Ukraina.
E-commerce
Agustus tahun lalu toko online terbesar Ukraina Rozetka dan EVO Group merger, menjadikannya sebagai merger e-commerce lokal terbesar dengan total perjanjian dilaporkan mencapai US$ 12-15 juta. Rozetka telah membangun kompleks sistem logistik di seluruh Ukraina, sementara EVO memiliki banyak toko online kecil yang didukung departemen teknologi yang besar. Bagi para pengguna, baik pembeli maupun penjual, merger ini memberikan hasil berupa kualitas yang lebih baik dan cakupan layanan yang lebih luas.
Dana Asing
Selama 5 tahun terakhir perusahaan-perusahaan teknologi Ukraina telah menarik investasi sekitar US$ 1 miliar. Tahun 2018 magnet penarik uang asing antara lain:
Start-up Gitlab, awalnya menarik dana asing US$ 100 juta, dan pada September 2018 valuasinya menjadi lebih dari US$ 1 miliar, dan naik lagi menjadi US$ 20 miliar satu bulan berikutnya. Gitlab adalah suatu program “environment for cooperative working” yang dibentuk oleh seorang Ukraina bernama Dmitriy Zaporozhets pada tahun 2011 dan sekarang bekerja dengan 100.000 perusahaan, termasuk IBM, Sony, Alibaba, SpaceX dan organisasi keilmuan terkemuka di dunia yaitu NASA dan CERN.
Snap Inc, perusahaan teknologi Amerika yang berasal dari Ukraina, dilaporkan membeli seharga US$ 8 juta start-up Teleport, suatu foto editor pintar (pesaing utama Facebook messenger) yang ditemukan oleh seorang Ukraina bernama Vladislov Urazov.
Pemerintah Ukraina telah menganggarkan US$ 1,8 juta untuk membiayai teknologi start-up lokal yang dikenal dengan Ukrainian National Start-up Fund.
Kompetitor dari Privat24
Sampai belakangan ini tidak ada pesaing bagi Privatbank, bank terbesar Ukraina dalam private banking, yang memberikan layanan kepada 9 juta orang. Namun, sekarang Ukraina sudah memiliki suatu pilihan yaitu Monobank, yakni aplikasi khusus bank online untuk Bank Universal, yang dikembangkan oleh Fintech Bank. Fintech Bank adalah suatu perusahaan yang dimaksudkan mengembangkan layanan online modern untuk bank, yang dibentuk oleh tiga orang mantan eksekutif Privatbank setelah diadakan nasionalisasi.
Dompet Digital
Dua perusahaan raksasa teknologi Amerika, Apple dan Google, tahun 2018 membawa sistem pembayaran berupa Google Pay dan Apple Pay ke Ukraina. Layanan ini sudah digunakan di hampir semua bank Ukraina.
Amazon US$ 1 Miliar
Perusahaan e-commerce kelas berat Amerika, Amazon, tahun 2018 telah membayar US$ 1 miliar kepada Ring, suatu perusahaan start-up yang mengandalkan para ahli Ukraina. Ring memiliki kantor terpenting di Ukraina yang mempekerjakan 500 orang Ukraina dan akan berkembang 2 kali lipat dengan dibelinya perusahaan oleh Amazon. Ring membuat bel pintu pintar dengan teknologi yang dapat merekam video secara langsung untuk pintu gerbang. Video ini lalu ditayangkan langsung secara nirkabel kepada pemilik mobile phone pintar sehingga ia dapat menyapa dan berbicara kepada pengunjung.
Industri Hospitaliti
Trafik Penumpang
Setelah berlakunya perjanjian perdagangan bebas antara Ukraina dan Uni Eropa pada 1 September 2017, industri penerbangan Ukraina berkembang pesat. Lebih dari 19 juta orang melakukan perjalanan melalui bandara-bandara Ukraina pada tahun 2018, meningkat 24,7% dari tahun sebelumnya. Lima bandara utama Ukraina antara lain International Airport Kiev, Boryspil, Lviv, Odesa, Kharkiv menangani 95% dari semua trafik penumpang di Ukraina.
Perhotelan
Pertumbuhan perhotelan di Kiev, Ibukota Ukraina, didorong utamanya oleh perjalanan bisnis lalu diikuti oleh wisata budaya. Sesuai riset yang dilakukan oleh STR, tingkat hunian rata-rata adalah 50% lebih, dari sekitar 11.000 kamar yang ada dengan 110 hotel, dan ini masih di bawah kota-kota di negara Eropa lainnya yang mencapai rata-rata 72%. Secara umum tingkat hunian kamar rata-rata di Kiev meningkat 2-3% pada tahun 2018 dibandingkan tahun sebelumnya. RevPar hotel Kiev tumbuh 9,4% menjadi Hr 1,503 (US$ 54) pada tahun 2018. Menurut JLL Consulting, hotel upscale di Kiev memiliki tingkat hunian kamar rata-rata 45,9% pada tahun 2018, tidak mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Peningkatan tingkat hunian kamar terjadi pada hotel lower-end. Menurut Colliers International, midscale hotel mengalami peningkatan tingkat hunian kamar sampai 5% poin pada tahun 2018, menjadi 55-65%. Sumber utama pengunjung dengan tujuan bisnis ke Kiev datang dari Inggris, Amerika, Perancis, Spanyol, Jerman, Israel, Turki dan Cina.
Yang menjadi daya tarik bagi pengunjung Kiev adalah:
Mural
Seni jalanan di Kiev sama menariknya dengan arsitektur kota dan museum klasik di Kiev. Sampai saat ini terdapat lebih dari 120 mural yang mewarnai wajah kota Kiev, yang menggambarkan binatang, taman, orang dan lukisan abstrak. Mural di kota Kiev juga tersedia dalam aplikasi untuk iPhone.
Mezhyhirya
Merupakan bekas kediaman mewah mantan presiden Viktor Yanukovych yang terletak di desa Novi Petrivtsi sekitar 10 km Utara Kiev. Layak untuk dikunjungi untuk mengetahui besarnya skala korupsi dari Yanukovych beserta para kroninya yang diperkirakan merampok negara puluhan Miliar dollar. Selama bertahun-tahun Mezhyhirya menjadi misteri bagi masyarakat Ukraina sampai akhirnya kejatuhan Yanukovych melalui protes masif di Kiev dan seluruh negara yang dikenal dengan EuroMadian Revolution. Kawasan seluas 140 hektar tersebut sekarang merupakan taman nasional yang dijadikan monumen sejarah modern Ukraina. Pengunjung dapat melihat kemewahan bangunan rumah-rumah yang ada dengan furnitur mewahnya, koleksi mobil Yanukovych dengan bengkelnya, sarana olah raga, taman, danau, kolam dan bahkan peternakan kalkun.
Festival Kota
Setiap akhir pekan berbagai festival diselenggarakan di Kiev. Di antaranya adalah:
Kurazh Bazar, suatu pasar penggalangan dana yang menjual baik barang-barang baru maupun bekas
Ulichanaya Ede atau “Street Food”, yang mempertemukan antara pencinta makanan lokal dengan produsen makanan seperti kafe, restoran dan wirausaha makanan
Vsi Svoi, memfokuskan pada promosi barang-barang buatan Ukraina dan produsennya. Pasar dua hari saat akhir pekan ini biasanya memiliki tema dan menjual jenis-jenis barang tertentu seperti pakaian musim panas, furnitur dan dekor, makanan dan minuman
Festival Musik Elektronik
Label “new Berlin” telah menempel pada Kiev karena seringnya penyelenggaraan festival musik elektonik belakangan ini. Klub-klub seperti Closer, River Port dan Otel menarik para DJ seluruh dunia setiap akhir pekan. Tiap tahun diselenggarakan dua kali Festival Musik Elektronik seperti Strichka dan Brave! Factory.
Galeri Modern
Selain museum tradisional yang masih banyak dikunjungi, di Kiev galeri seni mulai berkembang pesat yang memajang berbagai karya seni seperti fotografi, ukiran, grafik, foto kolase baik dari artis Ukraina maupun asing.
-end-
Sumber:
Laporan perjalanan bisnis pariwisata oleh Nyoman Astama, Ketua IHGMA Bali yang digabungkan dari beberapa sumber.bali inspirasi