Wisata Akhir Pekan Di Kantor Gubernur DKI Jakarta

2035

Wisata Akhir Pekan di Kantor Gubernur DKI Jakarta

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok membuka Balai Kota Jakarta sebagai wisata untuk masyarakat umum. Program wisata Balai Kota ini resmi dibuka pada Sabtu, 12 September 2015 dan akan selalu dibuka setiap akhir pekan.

Untuk memasuki Balai Kota ini pengunjung akan mengantri di pendopo balai kota, yaitu teras depan dari kantor Gubernur/Wakil Gubernur dalam menerima tamu-tamu kedinasan Pemprov DKI Jakarta. Dijadwalkan pengunjung masuk secara bergantian sekitar 30 orang dan sisanya menunggu di luar selama 10 menit. Saat mulai memasuki kantor Gubernur DKI pengunjung akan dipandu oleh tour guide dari Himpunan Pramuwisata Indonesia.

“Bagi pengunjung yang membawa makanan dan minuman harap disimpan di dalam tas atau dapat dititipkan di meja security. Dimohon untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban, jangan ada keributan selama tour berlangsung,” ujar Joko selaku pemandu wisata.

Warga yang berwisata di Balai Kota dapat memasuki semua ruangan yang ada di dalam kecuali ruang kerja Ahok, karena di ruang kerja Ahok banyak dokumen-dokumen penting dan dikhawatirkan ada yang hilang kalau warga memasuki ruangannya. Di dalam Balai Kota ini pengunjung juga dapat melihat foto-foto Gubernur DKI Jakarta dari masa jabatan Soewirjo sampai masa jabatan Ir. Joko Widodo.

“Pertama kita akan memasuki Ruang Transit Tamu, ruangan ini tempat menunggu tamu kedinasan. Para tamu yang ingin menemui Gubernur/Wakil Gubernur akan menunggu di ruangan ini. Setelah itu ada ruang kerja Gubernur, di mana Pak Ahok mengerjakan pekerjaannya di ruangan ini, karena banyak dokumen penting maka ruangan ini tidak di buka untuk umum,” jelasnya.

Warga juga diperbolehkan masuk di ruang rapat Balai Kota dan berfoto di meja Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pengunjung pun disuguhkan hiburan berupa bioskop yang berada di ruangan Balai Agung di mana ruangan tersebut merupakan ruangan serba guna utama di Balai Kota tempat penyelenggaraan berbagai acara kedinasan Pemprov DKI Jakarta.

Setelah lelah tour keliling Balai Kota, pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner yang berada di samping gedung Balai Kota. Deretan kuliner tersebut di antaranya es cendol durian, soto betawi, siomay, batagor, dan menu makanan lainnya. Untuk segelas es cendol durian dihargai Rp 10.000,-. Rasanya yang manis dan sedikit gurih mampu menghilangkan dahaga karena kelelahan keliling Balai Kota.

Aini (24) salah satu pengunjung mengatakan ia dan teman-temannya datang ke sini karena penasaran bagaimana sisi dalam dari kantor Balai Kota Jakarta itu. “Ke sini sama teman-teman, tadi habis dari Monas (Monumen Nasional). Penasaran saja sama ruangan-ruangan yang ada di kantornya Pak Ahok. Seru juga bisa jalan-jalan di kantornya Pak Gubernur,” tuturnya.

Wisata Balai Kota ini terbuka untuk warga dari mana saja dan gratis tanpa dipungut biaya apapun. Dapat dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Akses untuk menuju lokasi ini pun tidak sulit. Untuk warga yang membawa kendaraan pribadi dipersilahkan untuk memarkirkan kendaraannya di area parkir Monumen Nasional, kemudian tinggal berjalan kaki menuju Balai Kota yang berada di seberang Monas.

Sedangkan untuk pengunjung yang datang menggunakan kendaraan umum seperti kereta api commuterline bisa turun di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Juanda kemudian menaiki angkutan umum bajaj lalu turun di depan Balai Kota.(Nisa)Balaikota Dki Jakarta Tour keliling Balikota Kantor Gubernur Dki Jakarta