”@rtquarelle” International Watercollor Society Diikuti 986 Karya Peserta dari 73 Negara

2

Pameran lukisan “@rtquarelle” dari seniman cat air lintas negara

Bali Inspirasi.NUSA DUA – BALI – Air sebagai unsur yang kuat dalam kehidupan dialam semesta menjadi inspirasi muncul nya lukisan cat air waktu itu.Bukan dengan hanya keahlian melukis,melainkan juga tenaga dari dalam tubuh sebagai kekuatan seni dalam menciptakan karya lukis cat air,hal ini disampaikan oleh salah satu senior perupa lukis cat air asal china.Ekspresi sebuah karya merupakan respon rasa bagi yang menikmati indah nya karya lukis cat air.Air lebih fleksibel untuk menciptakan karya yang sungguh indah,ketika kita menyukai air itulah sebuah inspirasi manusia dan alam semesta.

Ratusan lukisan cat air ciptaan para seniman dari berbagai negara tampil di dalam pameran bertajuk ”@rtquarelle” di Gedung ABBC / Art Bali Nusa Dua, Bali, tanggal 1-7 Agustus 2019.

Karya-karya cat air tersebut merupakan pemenang dan finalis lukisan cat air tahun 2019 yang diselenggarakan oleh International Watercolor Society (IWS) Indonesia yang diketuai oleh pelukis cat air Indonesia, Agus Budiyanto, yang diikuti para seniman dari 56 negara.

Kompetisi perdana ini diharap mempercepat Indonesia menjadi lebih diperhitungkan di dalam kancah pergaulan seni lukis cat air.

Pameran ini menampilkan banyak ragam dan kecenderungan tema, gagasan, obyek garapan, motif, maupun pencapaian teknik di dalam seni lukis cat air dewasa ini.

Sedangkan Kompetisi tersebut memang tidak membatasi ruang gerak seniman, kecuali membaginya di dalam dua kelompok besar, yaitu figurative / representational dan non-figurative / nonrepresentational.

Hasilnya sangat menarik karena memberi pemandangan luas tentang perkembangan seni lukis cat air di berbagai negeri se kawasan maupun dari benua lain, dan praktik berkesenian yang tengah berlaku.

Melengkapi karya pemenang dan finalis pada pameran ini, para juri juga ikut menampilkan lukisan mereka di dalam gaya khas masing-masing.

Dengan penyelenggaraan kompetisi cat air antar bangsa ini, IWS membubuhkan Indonesia sebagai satu titik penting dalam percaturan seni budaya internasional, dan semakin mengokohkan posturnya sebagai kawasan yang subur kreatitivtas ke dalam peta cat air dunia.

lni moment yang sangat panting, rintisan yang dengan berani diambil di tengah segala keterbatasan, dan karena itu mesti dijaga dan dirawat pertumbuhannya.

Untuk memilih pemenang kompetisi tersebut dibentuk dewan juri terdiri dari lima pakar dengan ketua bapak Srihadi Sudarsono, seorang pelukis terkemuka Indonesia. Empat anggotanya adalah Mr. Atanur Dogan (pendiri dan President IWS Globe, Turkey/Canada), Mr. Liu Yi (pelukis senior cat-air China), Mr. Ong Kim Seng (pelukis cat-air senior dari Singapura), dan Mr. John Cogley (pemilik perusahaan cat-air DanieI Smith, USA).

Pada tahap awal kompetisi, seluruh 986 karya peserta dari 73 negara diperiksa dan dipilah oleh dua .orang kurator IWS, yaitu Eddy Soetriyono dan Efix Mulyadi. Tahap penyisihan ini menghasulkan 312 (Jumlah karya) yang diserahkan kepada juri tahap akhir.

Adapun para pemenangnya seperti tertera di bawah ini, yang merupakan peserta utama di dalam pameran ”@rtquarelle” ini.

Pemenang Kategori Figurative / Representational

1St Winner : Viktoria Prischedko, Germany -(Autumn) 2nd Winner : Youmee Park, South Korea -(Romance of Beautiful Light)

3rd Winner : Ngurah Darma, Indonesia -(Balinese Girl)

Pemenang Kategori Non Figurative / Non Representational 1St Winner : Besnik Xhemaili, Kosovo -(Garden) 2“d Winner : Hisako Ohkochi, Japan -(Water Side)

3rd Winner : Umi Haksami, Indonesia.bali inspirasi