PSMTI Bali Rayakan Imlek 2567, “Semangat Cinta Kasih, Bersatu Dalam Kebhinekaan. Bagimu Indonesia Kami Berbakti”

1042

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia(PSMTI) Provinsi Bali gelar perayaan tahun baru Imlek 2567/2016 yang dirangkai dengan HUT ke 16 PSMTI Bali, pertemuan Arisan Sosial Kekeluargaan tahap IV PSMTI Bali dan perkenalan Pengurus PSMTI Bali masa bakti 2015-2019.

Dalam acara yang bertema “Dengan Semangat Cinta Kasih, Kita Bersatu Dalam Kebhinekaan. Bagimu Indonesia Kami Berbakti”, yang berlangsung di Hongkong Garden Restaurant Sanur Bali, diawali dengan pertunjukan lima Barongsai dan Liong dance dari Garuda Dewata Wusu Indonesia sebagai pembuka acara. Sabtu, 27 Pebruari 2016.

Ketua Panitia Teguh Wicaksana Tan dalam laporannya menyampaikan program kerja yang telah dilaksanakan oleh PSMTI Bali dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

“Kami telah melaksanakan kegiatan kesehatan berupa donor darah sebanyak tiga kali, kegiatan peduli sesama berupa pembagian kupon belanja gratis untuk sembako dan kami juga telah melakukan ziarah ke taman makam pahlawan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan.” Kata Teguh.

Hendra Ariska Wasita, ST Ketua PSMTI Bali, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih terhadap peserta arisan. Pasalnya, tanpa ada arisan program PSMTI Bali tidak bakalan jalan dengan baik.

“Penghimpunan bunga dana arisan mulai dari tahap satu sampai empat ini, selain untuk menggerakkan roda paguyuban, telah juga menghasilkan sebuah ruko empat lantai di komplek pertokoan Sudirman Agung. Gedung tersebut seharga Rp. 1,5 milyar berkat bantuan pinjaman dari 40 pengurus dan anggota arisan. Dan kini pinjaman tersebut telah kami bayar lunas.” Kata Hendra.

Gedung ini, menurut Hendra, difungsikan sebagai kantor sekretariat PSMTI BALI dan ICBC Bali, pusat adminiatrasi arisan serta berbagai aktifitas keluarga besar PSMTI.

“Saya himbau kepada bapak/ibuk anggota arisan agar mengirimkan putra/putri nya untuk datang berkumpul dan bergabung dalam wadah muda-mudi PSMTI Bali.” Lanjutnya.

Mr. Liu Zhi Jie Wakil Konsulat Jendral Republik Rakyat Tiongkok Bali, NTB dan NTT, menyampaikan rasa senangnya bisa hadir dalam acara ini. Dan juga mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2567.

“Semoga di tahun baru yang merupakan shio monyet api ini semua dalam keadaan sehat walafiat  dan berbahagia. Kami juga mengucapkan selamat HUT PSMTI ke 16.” Kata Wakil Konjen.

Menurutnya,  tahun baru Imlek sangat penting bagi masyarakat Tiongkok. Dan sekarang tidak hanya dirayakan di China saja, akan tetapi sudah menjadi hari raya dunia termasuk Indonesia.

Wakil Konjen juga memaparkan bahwa sebelumnya, juga telah merayakan tahun baru Imlek yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali, dengan menggelar pementasan seni bersama di Art Center Denpasar.

“Khususnya di tiga Provinsi, yakni: Bali, NTB dan NTB, penuh dengan perayaan Imlek yang bernuansa merah. Ini menggambarkan unsur penghormatan dan  kerukunan terjalin dengan baik”. Ujarnya.

Wakil Konjen untuk tiga Provinsi menambahkan bahwa bahasa sangat penting. Dan bahasa Mandarin merupakan bahasa yang resmi diakui oleh PBB.

“Di seluruh dunia termasuk indonesia, orang berbahasa mandarin semakin banyak. Belakangan ini, kita terus melakukan pendidikan bahasa madarin di tiga provinsi ini. Pihak Konjen bersedia memberi bantuan untuk kursus bahasa Mandarin.” Akhir LiuIMG_2208 (1200x800) Pemimpin umum baliinspirasi.com bersama ketum PSMTI Bali IMG_2167 (1200x800) (1) Zhi Jie.Alt