Plomo – Aplikasi Hadirkan Complimentary Drinks di Bar dan Restoran

41

Riset internal yang dilakukan Harry Pradipta, CEO Plomo, ada tiga hal biasa dilakukan bar dan restoran untuk menarik pengunjung: memasang iklan di media konvensional ataupun digital, menghadirkan promosi, dan mengadakan event.
“Namun, dari hal-hal tersebut, sulit bagi bar dan restoran untuk mengetahui secara pasti berapa cost yang dikeluarkan ataupun ROI untuk 1 orang pengunjung. Dan untuk hal-hal tersebut, semua cost umumnya perlu dikeluarkan di muka oleh para bar dan restoran, tanpa melihat dulu hasilnya,” jelas Harry.
Hal itulah yang menjadi alasan ia kemudian membuat sebuah startup bernama Plomo. Plomo sendiri adalah aplikasi yang pengguna untuk mendapatkan satu complimentary drink per hari di berbagai bar dan restoran terkemuka di Jakarta.
Dengan Plomo, bar dan restoran dapat mengatur pengeluaran marketing lebih efisien dan juga mengukur secara lebih akurat cost yang dikeluarkan serta ROI yang didapatkan dari tiap-tiap pengunjung. Tak hanya itu, Plomo juga mengurangi resiko dari pengeluaran marketing bagi bar dan restoran, karena berbeda dengan marketing channel yang hadir sebelumnya, cost untuk mendatangkan pengunjung hanya dikeluarkan setelah pengunjung sudah hadir di bar atau restoran tersebut, yakni cost dari complimentary drink yang diberikan kepeda pengunjung tersebut.
Plomo memilih minuman sebagai fokus complimentary item-nya,“ Ketika kami sering pergi ke sebuah bar atau restoran dan menjadi regular customer di sana, terkadang bartender memberikan minuman on the house, “ ungkap Harry. Hal tersebut gesture sangat sederhana, tetapi masih diapresiasi customer,” Kami melihat peluang bahwa hal ini dapat menjadi sebuah customer reward system yang sangat mengena sekaligus menjadi insentif yang sangat menarik bagi orang untuk datang dan mencoba bar dan restoran baru,” kata Harry.
Saat ini Plomo dapat langsung diunduh dari Google Play Store ataupun Apple App Store. Setelah mengunduh, pengguna dapat langsung mendaftarkan diri menggunakan akun email, Facebook atau Google. Pengguna dapat melihat daftar dari semua bar dan restoran yang bekerja sama dengan Plomo dan juga informasi lebih detail mengenai bar dan restoran tersebut, termasuk complimentary drinks apa saja yang ditawarkan masing-masing bar dan restoran.
Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, pengguna hanya membayar biaya berlangganan setiap bulannya. “Sampai dengan saat ini, kami masih menghadirkan layanan secara gratis, karena masih dalam fase beta,” ujar Harry. “Namun ke depannya, kami akan memberlakukan subscription fee bagi penggguna aplikasi Plomo. Jadi, secara sederhananya, Plomo bisa dikatakan adalah the Netflix for drinking out.”
Saat ini Plomo telah bekerja sama dengan beberapa bar dan restoran populer di daerah SCBD, Kuningan, Senayan, Thamrin, dan Kemang. Menurut Harry, ia memilih wilayah tersebut karena cocok dengan target pengguna mereka, yaitu para profesional muda. Kedepannya, sudah ada 20+ bar dan restoran yang akan bergabung dalam waktu dekat. Kunjungi website Plomo di www.getplomo.com atau halaman Instagram Plomo di www.instagram.com/getplomo untuk melihat berita terbaru dari Plomo. ( Nani )