Perpaduan Wine Dan Coklat

1

Bali Inspirasi.Menikmati minuman Wine dan coklat memiliki kesamaan. Hal itu diungkapkan oleh Coorporate Training & Development Manager Hatten Wines, Kertawidyawati. Keduanya dapat dipadukan dengan dalam satu kesempatan yang sama saat mencecap Wine sambil menikmati Chocolate.

“Wine punya jenis yang cukup banyak dari white wine dan red wine. Chocolate juga bisa diolah dalam aneka varian dan kombinasi yang kaya rasa. Itu salah satu kesamaan, disinilah seninya menikmati keduanya,” jelas Kertawidyawati saat mengadakan Wine and Chocolate Pairing di Cellardoor Sanur, Selasa, 12 Februari 2019.

Ditambahkan Kertawidyawati, jika tepat memadukan jenis wine dan jenis coklat, akan tercipta rasa dan sensasi yang sangat khas. Dalam kegiatan itu, produsen lokal Wine di Bali, Hatten Wines bekerjasama dengan Mason yang juga produsen coklat lokal di Bali.

Dari sekian banyak jenis coklat dan wine yang dipadukan, menurut Kertawidyawati, ada juga yang tidak cocok untuk dikombinasikan. Taste itu muncul ketika white wine varian Alexandria dikonsumsi secara bersamaan dengan coklat berkadar 68 persen.

“Jadi kalau memang tepat mengkombinasikan, akan semakin kaya rasa. Tapi disitu tadi, ada rasa yang benar-benar hancur,” jelas Kertawidyawati.

Sementara, Corporate Executive Chef Mason Ida Ayu Pratiwi Sari Pidada mengatakan, bahan baku coklat yang digunakan semuanya didatangkan dari Indonesia. Menurut Tiwi, Indonesia memiliki hasil Cacao yang besar sekaligus terbesar ketiga di dunia.

“Kita tidak kurang bahan baku Cacao. Yang terbesar ada di Sulawesi dan di Bali ada di wilayah Jembrana. Hanya saja, olahan coklat lebih dulu berkembang di Eropa,” jelas Tiwi. bali inspirasi.