Pergerakan Pesawat dan Penumpang Meningkat , Bandara Ngurah Rai Ingin Raih Sertifikasi Internasional

376

Setelah sebelumnya upayakan peningkatan keselamatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, kali ini manajemen Angkasa Pura I gelar Workshop Airport Excellence in Security Programme(APEX in Security). Senin pagi (31/10), Danang S. Baskoro selaku Direktur Utama Angkasa Pura I secara resmi membuka workshop tersebut di Hotel Novotel, Bali Airprot.

Danang menjelaskan bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali terus mengalami peningkatan jumlah penumpang dan penerbangan, “Hingga triwulan ketiga tahun ini pergerakan pesawat naik mencapai 9,72 persen yaitu 103 ribu pergerakan. Trend penumpang juga meningkat, kami sudah melayani 14,9 juta penumpang, naik 16,6 persen,” terang Danar.

“Kondisi ini menjadi tantangan bagi kami dalam memberikan pelayanan dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan (safety & security),” ucapnya.Ia menambahkan bahwa dalam menjalankan operasional bandara, aspek keamanan merupakan satu hal yang niscaya diutamakan. Karenanya, melalui pelatihan ini Angkasa Pura I ingin meningkatkan kualitas sistem keamanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pelatihan peningkatan keamanan ini terlaksana berkat kerja sama dengan Airport Councils International (ACI). Pada kesempatan ini ACI menggandeng delegasinya dari 9 negara , diantaranya Kanada, Irlandia  dan Hungaria.

Selama 5 hari pelatihan, Tim ACI akan berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada seluruh peserta yang berasal dari perwakilan TNI AU, Otoritas Bandara Wil.IV, Airnav Indonesia Cabang Bali, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, Basarnas dan Airline.

“Melalui program ini nantinya Bandara I Gusti Ngurah Rai akan menjadi bandara pertama di Indonesia yang prosedur dan kualitas keamanannya tersertifikasi secara internasional yang diterbitkan oleh ACI,” ucap Danang.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Angkasa Pura I bersama Senior Manager APEX Programme Danny Boutin juga menandatangani deklarasi kerjasama yaitu Declaration of Commitment and Collaboration in Airport Excellence in Security Programme.( Nani )