Home Leader Inspiration Peran Strategis IHGMA Bali pada Industri Pariwisata

Peran Strategis IHGMA Bali pada Industri Pariwisata

20
Ramia Adnyana, Nyoman Astama, Ketut Swabawa

Keberadaan asosiasi para GM perhotelan yang bernama Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) saat ini sangat penting dalam mendukung pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Selain merupakan praktisi langsung di industri, para GM ini berperan sangat aktif dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sektor pendukung dalam pencapaian tujuan para stakeholder kepariwisataan.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutan pembukaan Rapat Akhir Tahun IHGMA Bali oleh Ketua DPD IHGMA Bali, I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA yang diselenggarakan secara rutin sejak berdirinya asosiasi profesi ini di Bali pada 2016 lalu. Astama menambahkan bahwa untuk tahun 2019 ini IHGMA Bali telah menunjukkan kiprahnya dalam berbagai kegiatan yang bukan hanya bersifat internal asosiasi tetapi lebih banyak pula pada kegiatan industri yang terselenggara di daerah Bali. “Kita rutin melaksanakan kegiatan ini setiap akhir tahun, selain untuk mereview kegiatan tahun 2019, kita juga membahas kegiatan strategis yang akan menjadi agenda di 2020 mendatang” kata Astama.

Pada kesempatan tersebut dibahas berbagai kegiatan yang dilaksanakan di setiap bidang dalam asosiasi IHGMA Bali dan dilaporkan oleh masing-masing Ketua Bidang seperti : Keanggotaan (I Made Subrata, CHA), Pemberdayaan Organisasi (Yoga Iswara, BBA.,BBM.,MM.,CHA), Pelatihan dan Sertifikasi (Fransiska Handoko, CHA.,CHIA.,CHRM), Sosial dan CSR (IGAN Darma Suyasa, CHA), IT dan Penelitian (Komang Artana, S.Pd), Humas (Theresa Elena) dan Kelembagaan yang disampaikan perwakilan I Made Pastika, CHA. Tampak pula hadir pengurus lainnya Yati Artini, CHA (wakil bidang Pelatihan dan Sertifikasi), Ratna Dewi (Sekretaris II), I Wayan Sudartayana, SE (Ketua DPC IHGMA Buleleng) dan Ida Ayu Lestari Candrawati (Bendahara II).

Pengurus DPD IHGMA Bali periode 2016-2020

Dalam pemaparan rencana strategis 2020 Ketut Swabawa (Wakil Ketua II) menyampaikan beberapa agenda rutin dan khusus yang akan diselenggarakan dan beberapa sudah mulai tahap persiapan. “Awal tahun kami selalu melaksanakan Annual Member Gathering dan tahun 2020 nanti sudah disiapkan oleh Ketua Panitia terpilih Bp Made Pastika didampingu Ibu Ratna Dewi. Meeting kali ini lebih bersifat review dan membahas tentang kegiatan karena terkait program kerja asosiasi kami membahasnya dalam Rakerda tahunan yang akan diselenggarakan sekitar bulan Maret mendatang” demikian disampaikan oleh Swabawa.

Wakil Ketua Umum DPP IHGMA, I Made Ramia Adnyana, SE.,MM.,CHA yang hadir memberi sambutan dan arahan kepada pengurus IHGMA Bali pada pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus atas kerja keras dan loyalitasnya pada asosiasi sejak awal terbentuk hingga saat ini. Dikatakannya bahwa DPD IHGMA Bali merupakan salah satu DPD yang sangat aktif dan rutin melaksnakan kegiatan asosiasi dan bersinergi dengan stakeholder lainnya. Ramia Adnyana menyebutkan “Kita patut berbangga pada para pengurus ini dengan soliditas tinggi ditengah kesibukan sebagai GM hotel masih tetap dapat berkontribusi pada asosiasi. Dan Bali harus jadi barometer dan role model asosiasi ini sebagaiman yang terjadi pada industri kepariwisataan.”

Kegiatan yang dilangsungkan di H Sovereign Bali pada hari Senin, 23 Desember 2019 ini juga diisi dengan makan malam bersama sambil berdiskusi ringan tentang bisnis perhotelan pada periode peak seasons ini termasuk persiapan masing- masinf hotel menyambut pesta Natal dan Pergantian Tahun.