Pentingnya Pendidikan Karakter Generasi Muda Menuju Kesuksesan Masa Depan

3

Sukses seseorang di masa depan sangat dipengaruhi oleh proses yang dijalani sejak dini, terutama juga pada usia menempuh pendidikan dalam persiapan memasuki dunia kerja nantinya. Menyadari hal tersebut, kampus Kaniva International sebagai sekolah perhotelan dan kapal pesiar menerapkan program pelatihan yang terintegrasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten dari segi technical, cognitive serta interpersonal skills. Dengan mengusung tagline lembaga “Iklas Untuk Bahagia”, kampus ini sering kali menyelenggarakan kegiatan di luar kuliah regular dengan aktifitas yang bersifat sosial baik di internal kampus maupun di luar kampus sebagai pengabdian pada masyarakat. Selain ditujukan pada masyarakat yang membutuhkan seperti beasiswa untuk siswa berprestasi dan kurang mampu, bantuan dana dan sembako bagi penduduk kurang mampu, pelatihan keterampilan masyarakat serta lainnya. Bentuk kegiatan lainnya juga diwujudkan dalam bentuk pelestarian alam dan lingkungan seperti yang dilakukan pada hari ini, Rabu 23 Januari 2020 di desa Senganan Kabupaten Tabanan.

              The Kanivers melaksanakan bakti sosial di Tabanan

Kegiatan tersebut adalah penyelenggaraan kesekian kalinya sejak kampus ini resmi berdiri pada 2016 lalu. Kegiatan yang merupakan  bentuk kepedulian terhadap lingkungan dilakukan oleh seluruh jajaran manajemen beserta mahasiswa dengan penanaman pohon di beberapa area di wilayah Br.Soka, Senganan, Tabanan. Gusti Ketut Suranata, SH,.CHPR selaku Managing Director Kaniva International menyampaikan tujuan diadakannya penanaman pohon ini adalah sebagai partisipasi aktif lembaga yang dipimpinnya dalam upaya mengurangi pemanasan global yang mengancam bumi kita dan sebagai wujud kecintaan kita dengan alam. “Kami berusaha menerapkan program yang holistik dan mampu tertanam pada diri mahasiswa didikan kami sebagai pembentukan karakter pribadi yang memiliki kepedulian sosial tinggi baik kepada sesama maupun pada lingkungan. Tujuan kami adalah mahasiswa nantinya sukses dalam karir setelah mengikuti perkuliahan dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat di lingkungannya. Saat inilah moment tepat menanamkan sikap itu, semakin banyak yang sukses nantinya maka akan semakin banyak keluarga yang bahagia sehingga secara makro msyarakat kita akan sejahtera. Sesuai motto kampus kami, Ikhlas Untuk Bahagia, bahwa melakukan segala sesuatu dengan ikhlas dan tekun akan menghasilkan kebahagiaan di masa depan” demikian penjelasan pria yang akrab dipanggil Gus Sur ini.

Paket Sembako yang diserahkan oleh Manajemen Kaniva International

Kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan pemberian sembako kepada beberapa penduduk sekitar dan disaksikan oleh Kelian Dinas Banjar Soka setempat. Pada kesempatan itu, Ni Wayan Sus Ekawati, Direktur Pengembangan dan Kerjasama Industri, menjelaskan bahwa dipilihnya kawasan Soka di Senganan Tabanan ini sebagai tempat bakti sosial  kali ini adalah karena melihat potensi desa yang belum tergarap dengan baik selama ini. Menurutnya hal ini perlu diperhatikan agar masyarakat setempat dapat menikmati hasil dari potensi yang dimiliki serta keberadaan alam yang indah ini dapat dijaga dan dilestarikan bersama-sama. Ekawati menambahkan, “ Wilayah Soka di Senganan ini memiliki udara yang sangat bersih dan segar, pemandangan kawasan Jatiluwih yang luar biasa dan sekelilingnya masih sangat alami. Kita berharap semoga kontribusi kami dari Kaniva ini dapat berkelanjutan untuk membangun desa ini sebagai destinasi pilihan bagi wisatawan baik domestic maupun manca negara. Minimal upaya kecil kami ini dapat menguatkan keberadaan alam dan pepohonan di sini sehingga ekosistem bisa terjaga sebagai penampung air untuk kehidupan masyarakat kita yang belakangan ini dirasakan debit air dimana-mana semakin berkurang “.

Peserta bakti sosial yang berjumlah puluhan orang ini juga menyempatkan untuk melaksanakan Team Building program di area perkemahan dan rekreasi Kamesta Camp yang juga terletak di Br Soka Senganan Tabanan. Tampak hadir jajaran manajemen lainnya seperti Andy Winarno, Wayan Rana, Pande Adhi Sukma serta beberapa staff kampus dan para mahasiswa.