Home Pendidikan Pembentukan Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) SMK

Pembentukan Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) SMK

1075

 

Pembentukan Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) SMK
Pembentukan Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) SMK

Baliinspirasi.com-Dr. Drs. I Gede Wenten Aryasuda, M.Pd., Ketua PGRI Bali mendukung program pemerintah dalam pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi(LSP) di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Dimana sertifikat profesi ini, sebagai syarat standar dalam bekerja di era Masyarakat Ekonomi ASEAN(MEA).

Menurut, Aryasuda, SMK sebagai assesor dalam mengeluarkan sertifikat ini, harus juga tersertifikasi agar tidak mendidik secara asal-asalan sehingga bisa menjamin kualitas lulusannya.

“Jadi SMK yang memiliki LSP ini, harus bisa menjamin lulusannya agar bisa dipercaya oleh pengguna jasa dalam hal ini, dunia usaha dan dunia industri formal,” jelas Aryasuda. Jumat, 15 April 2016.

Dengan dijaminnya kualitas dari lulusan SMK ini, Aryasudha menambahkan, akan ada sinkronisasi antara pengguna jasa dengan sekolah yang menamatkan lulusan bersertifikat ini.

Dan dengan jaminan dari sekolah yang mengeluarkan sertikasi ini, maka dunia usaha maupun dunia industri yang memperkerjakan tidak merasa khawatir terhadap lulusan yang mengantongi sertifikasi profesi ini.

“Jika terjadi kekhawatiran oleh pengguna jasa, maka tenaga luar yang akan masuk sehingga kita kalah bersaing,” paparnya.

Sementara terkait kendala biaya dalam pembentukan LSP, dan ini merupakan program pemerintah maka harus dikoordinasikan antara lembaga penyelenggara atau sekolah dengan pemerintah, baik kota/kabupaten, provinsi atau pusat.alt