Home Wisata Pantau Kegiatan Kelautan Indonesia di Museum Kebaharian

Pantau Kegiatan Kelautan Indonesia di Museum Kebaharian

1130

JAKARTA – Museum Kebaharian Jakarta merupakan saksi bisu dari kegiatan kelautan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Marauke. Museum ini menyimpan sekitar 1.200 buah koleksi berupa replika kapal, peralatan perkapalan nelayan Indonesia hingga koleksi foto dari tokoh Kebaharian. Adapun replika jenis kapal nusantara yang dipajang di museum ini, seperti KRI Macan Tutul, kapal khas Irian, kapal khas Madura, kapal khas Palembang, dan kapal khas Cirebon. Bangunan Museum Bahari dibangun pada abad ke-18, dan sempat dijadikan gudang perbekalan perang Asia Timur ketika Jepang berkuasa pada Tahun 1942-1945.

Museum ini terdiri dari dua lantai dan terdiri dari tiga gedung. Lantai pertama merupakan penyimpanan koleksi replika kapal hingga foto para pemimpin kelautan RI, adapun bita laut yang telah diawetkan, seperti penyu, ikan duyung, jenis ikan laut dan karang. Sedangkan pada lantai dua para wisatawan yang hadir ke Museum Kebaharian ini juga diperlihatkan koleksi kelautan seperti replika kapal dan peralatan nelayan lainnya, bedanya di lantai dua ini juga ada patung boneka orang Cina.

Adapun beberapa ruangan yang terdapat di museum ini, seperti kafe, aula untuk seminar/diskusi, ruang audio visual. Sebelum memasuki Museum Kebaharian, di sisi depan museum nampak sebuah bangunan yang menjulang tinggi, bangunan tersebut merupakan Menara Syahbandar. Para pengunjung dipersilahkan jika ingin naik ke Menara Syahbandar. Dari atas menara, pengunjung dapat melihat Pelabuhan Sunda Kelapa di mana aktivitas pelayaran dan lautan nampak jelas terlihat.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 5.000,- para wisatawan sudah dapat sticker Kota Jakarta, buku panduan wisata Museum Kebaharian, pembatas buku, dan menikmati wisata sejarah kelautan sampai berjalan ke Pelabuhan Sunda Kelapa

Salah satu pengunjung, Adi mengatakan ia dan teman-temannya datang ke museum ini awalnya hanya iseng karena ingin tahu tentang kapal-kapal di Indonesia. “Kita ke sini cuma main tapi begitu ngelihat kapal-kapal jadinya kita tahu tentang kelautan Indonesia. Dari pada liburan main ke warnet terus mendingan sesekali main ke museum,” ujarnya.

Selain Museum Bahari dan Menara Syahbandar, Rumah si Pitung juga menjadi obyek wisata yang dikelola oleh Museum Kebaharian. Bagi yang gemar hunting foto, lokasi Museum Bahari, Menara Syahbandar, hingga Pelabuhan Sunda Kelapa dapat dijadikan wadah untuk menyalurkan hobi fotografi.NisaIMG_7049 IMG_7103