Home Berita NEW PARADIGM OF ENGINEERING DEPARTMENT IN HOTEL BUSINESS

NEW PARADIGM OF ENGINEERING DEPARTMENT IN HOTEL BUSINESS

14

Kemajuan revolusi industri 4.0 menuntut manajemen perhotelan untuk senantiasa dapat meningkatkan kualitasnya di segala bidang. Melihat fenomena saat ini terkait pembangunan kualitas SDM perhotelan yang masih terfokus pada beberapa divisi saja, mendorong Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) melalui lembaga pelatihannya yaitu Sekolah Perhotelan Bali (SPB) untuk membuka program pelatihan divisi baru : Engineering Training Center. SPB ETC ini merupakan program pelatihan khusus tenaga terampil bidang keteknikan pada dunia perhotelan, yang kedepannya  diyakini akan semakin banyak diminati mengingat sumber daya manusia bidang Engineering saat ini baru dipenuhi dari lulusan bidang teknik mekanikal dan elektrikal umum.

Hal ini dikuatkan oleh Dr. I Made Sudjana, SE.,MM.,CHT.,CHA (Ketua STPBI/Direktur SPB) bahwa sumber daya manusia perhotelan di segala divisi wajib memiliki wawasan dan pengetahuan kepariwisataan dan karakter hospitaliti yang memadai. Beliau menyampaikan “Bisnis perhotelan adalah bisnis layanan, dan pelayanan itu bukan hanya diberikan oleh karyawan di kantor depan, bidang tata graha atau layanan makanan dan minuman saja. Semua karyawan termasuk bidang Engineering ini wajib juga menampilkan sikap kerja yang berkarakter pelayanan prima sehingga dapat saling mendukung antar department dan memperlancar operasional untuk mencapai tujuan organisasi.” Ditambahkannya pula bahwa Sekolah Perhotelan Bali yang telah berdiri sejak tahun 2000 saat ini telah mendapatkan ijin resmi penyelenggaraan pelatihan bidang Engineering Perhotelan untuk melengkapi program pelatihan yang telah lama diselenggarakan seperti Hospitality Training Center, Cruise line Training Center, Spa Training Center, Maritime Training Center serta Airline Training Center.

Sementara Manajer Operasional SPB ETC, Ketut Swabawa, CHA menjelaskan bahwa untuk memperkenalkan program baru dari SPB/STPBI ini, pihaknya akan menyelenggarakan seminar bertajuk “New Paradigm of Engineering Department for Hotel Business” pada tanggal 14 Desember 2019 mendatang. “Selain sebagai pengenalan program pelatihan yang baru ini, kami juga ingin meningkatkan pengetahuan dan wawasan rekan-rekan di bidang Engineering Perhotelan terkait trend dan strategi yang lebih baik dalam menghadapi dinamika di era revolusi industri 4.0 ini. Hal ini sangat dibutuhkan oleh para hotel owners dan juga para General Manager, yakni bagaimana Engineering sebagai cost center dalam hotel operations dapat mengelola biaya yang dikeluarkan secara efektif dengan hasil yang maksimal sehingga pada akhirnya dapat mendukung pencapaian hotel financial profit secara signifikan karena terhindarnya biaya-biaya yang tidak semestinya atau terlalu berlebihan. Tentunya dengan pola pengelolaan department yang lebih cerdas, modern dan adaptif dengan kemajuan jaman dengan pemanfaatan teknologi’ demikian penjelasan Swabawa yang juga Wakil Ketua DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali dan Director Swaha Hospitality Bali ini.

K. Swabawa, CHA

Seminar yang bekerjasama dengan DPD IHGMA Bali ini akan menghadirkan 3 pembicara diantaranya I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA (Ketua IHGMA Bali), I Made Arta, ST (Ketua ACE Bali) dan I Made Sumantra, MT (ahli Quality Power, Energy Auditor serta Deputy GM PT. Jakarta Setiabudi Internasional Tbk) dan masing-masing dipandu oleh moderator diantaranya I Made Ramia Adnyana, SE.,MM.,CHA (Waketum DPP IHGMA), Agus Yoga Iswara, BBA.,BBM.,MM.,CHA (President Director GHE) dan Ketut Swabawa, CHA (Manajer SPB ETC). Kegiatan ini didukung pula oleh beberapa stakeholders pariwisata dan perhotelan seperti PHRI BPD Bali, Bali Villa Association, Bali Hotel Association, Global Hospitality Expert dan tentunya Asosiasi Chief Engineer (ACE) Bali.