MoU Bersama ISI Denpasar Bupati Giri Prasta Ajak ISI Jaga Bali Lewat Karya Seni

1
Bupati Giri Prasta melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan ISI Denpasar untuk pengiplementasian kegiatan seni dan budaya tetap ajeg di Bali, Senin (26/2) di ISI Denpasar.

Dihadapan Akademisi dan ratusan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta paparkan Program PPNSB, Senin (26/2) di Natya Mandala ISI Denpasar, dan Bupati Giri Prasta melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan ISI Denpasar untuk pengiplementasian kegiatan seni dan budaya tetap ajeg di Bali.
Penandatangan MoUt dihadiri Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. Arya Sugiartha, Kabag Humas Setkab Badung, Putu Ngurah Thomas Yuniartha, Ketua Listibya Badung, I Gusti Ngurah Artawan.
Rektor ISI Denpasar, I Gede Arya Sugiartha dalam laporannya mengatakan, dengan berkembangnya seni yang berakar dari budaya Bali, ISI Denpasar terus berupaya menumbuhkembangkan karya-karya seni baik tradisonal maupun seni modern. “Dengan ditandatanganinya nota kesepakatan Pemerintah Kabupaten Badung dan Institut Seni Indonesia Denpasar ini diharapkan dapat menjalin kerjasama yang menumbuh kembangkan karya-karya dan ide-ide anak bangsa untuk menjaga seni dan budaya Bali,”paparnya.
Ia mengatakan,ISI menjadi wadah mengapresiasikan seni dari insan-insan yang kreatif dengan tujuan tetap menjaga ke lestaraian Seni dan Budaya Bali. “ISI juga merupakan nafas dalam kehidupan berkarya seni dan budaya Bali yang melahirkan para seniman dan seniwati handal. Kita jaga dan lestarikan Seni dan Budaya Bali ini dengan semua komponen baik pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengatakan, seni, Adat dan Budaya tentu menjadi bagian yang sangat penting dalam warna dan nafas kehidupan berkesenian di Bali.”Dengan terus berkarya serta menggali potensi bakat seni niscaya ISI akan melahirkan orang-orang yang berkualitas. Pemkab.Badung dengan program PPNSB-nya tentu memberikan ruang dan waktu untuk tujuan kita bersama menghidupkan seni yang berakar pada budaya Bali, “ tegas Giri Prasta.
Ia pun mendorong, agar seniman teruslah berkarya, “ Mari kita jaga dan pelihara nilai-nilai seni ini dengan terus kembangkan bakat untuk melahirkan karya seni demi keajegan Bali. Mengingat Bali dan Kabupaten Badung menjadi tujuan wisata lokal dan mancanegara tentu karya seni juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dengan berkarya kita menjadi bagian penting dalam perkembangan wisata Bali di mata dunia,” imbuh Bupati.
Penantadatanganan MoU ini, kata Giri Prasta, menjadi sangat penting untuk tetap menghidupkan seni yang berakar budaya Bali agar tetap ajeg. Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen terus menghidupkan dan menjaga seni adat dan budaya Bali, dengan berkarya secara bergandengan dan kesepakatan bersama diharapkan dapat melahirkan hasil karya seni beserta seniman/seniwati yang bisa diterima masyarakat.
“ Kami Pemerintah Kabupaten Badung siap membantu semua pihak dalam menjaga seni dan budaya Bali untuk mewujudkan Bali yang santi dan jagadhita,”imbuhnya. ( Nani )