Menpar Janjikan Promosi PKB di Pusat

1255

Tahun ini nampaknya menjadi tahun berbeda bagi Pesta Kesenian Bali (PKB). Pasalnya Presiden RI Joko Widodo tidak menghadiri acara pembukaannya di Renon, Sabtu (13/6) lalu. Meskipun demikian acara tersebut diwakili oleh Menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo dan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan.

Tamu VIP opening PKB 37

Untuk pertama kalinya sejak 10 tahun terakhir, pelepasan pawai PKB ke-37 dilepas oleh pejabat setingkat menteri. Sedianya Presiden Joko Widodo melepas pawai itu, namun Kepala Negara batal ke Bali karena meresmikan pembangunan Tol Cikopo-Palimanan di Jawa Barat.

Menurut Menpar PKB tahun ini sangat luar biasa. Karena pariwisata sebagai modal dan menjadi nomor satu di Bali. Oleh karena itu pemerintah pusat akan merespon dan memberikan dukungan terhadap event kesenian tahunan tersebut. “Untuk PKB mendatang dari pemerintah pusat akan memberikan dukungan dari promosinya. Evennya tetap dari Bali, sementara promosinya dari pusat,” kata Yahya berjanji.

Selain itu Arief Yahya mengharapkan PKB mendatang bisa mengundang lebih banyak lagi negara asing untuk ikut atraksi di arena PKB. Karena partisipasi negara lain dinilai masih sangat minim. Apalagi dengan kehadiran duta kesenian dari negara lain bisa menjadi magnet untuk menarik lebih banyak lagi tamu manca negara ke Bali.

“PKB sangat menarik dengan kehadiran daerah lain yang sangat diapresiasi. Namun kehadiran dari negara lain juga perlu diperhatikan karena menarik wisatawan untuk datang. Seperti dari Tiongkok perlu diundang. Karena Tiongkok menjadi pasar turis terbesar bagi bagi Bali setelah Australia,” jelasnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PKB yang mengangkat tema “Jagadita” atau memperkokoh kesejahteraan rakyat ini, diawali dengan pawai kesenian dari sekitar 5 ribu seniman yang datang dari setiap Kabupaten/Kota se-Bali serta partisipasi sejumlah atraksi kesenian daerah lain termasuk duta kesenian dari negara-negara sahabat yang dimulai sekitar pukul 14.00 Wita.

Sementara itu, acara pembukaan PKB di Panggung Terbuka Ardha Candra Art Center Denpasar, dibuka sekitar pukul 20.00 Wita. Saat acara pembukaan ISI Denpasar menampilkan pementasan oratorium berjudul “Ayodya Kretanegara”. Selama PKB berlangsung akan menampilkan berbagai kesenian unggulan dari masing-masing Kabupaten/Kota di Bali, termasuk hasil kerajinan dan kuliner khas masing-masing daerah sebulan penuh hingga hari penutupan PKB, 11 Juli mendatang. IKAW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here