Mengenal Satwa Langka di Museum Zoologi

2053
Museum Zoologi Bogor

BALIINSPIRASI.COM, BOGOR – Kerangka fauna langka dipamerkan di Museum Zoologi yang berada di dalam halaman Kebun Raya Bogor, Bogor. Museum ini didirikan oleh Dr. J.C. Koningsberger pada Tahun 1894 yang bermula bernama Museum Zoologicum Bogoriense. Ada sekitar 55 spesies ikan, 243 moluska, 88 mamalia, 211 jenis burung, 92 reptil dan ampibi, dan 262 serangga yang dipamerkan di museum ini. Replika satwa-satwa tersebut berada di dalam lemari kaca, namun ada juga yang dipajang di dinding.

Di dalam museum ini juga terdapat kerangka paus biru yang dipajang di area luar museum. Selain itu juga ada kerangka fauna jaman purba, seperti dinosaurus dan replika ikan hiu gergaji berukuran besar. Awalnya museum ini berfungsi untuk laboratorium zoologi (landbouw zoologisch museum) guna sebagai wadah penelitian yang berkaitan dengan zoologi. Seiring perkembangan perawatan museum, maka hingga saat ini fungsi Museum Zoologi diperluas, selain sebagai tempat penelitian museum ini juga digunakan untuk memamerkan jenis fauna yang terdapat di nusantara.

Museum ini dapat dikunjungi setiap hari, mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB. Tidak ada biaya tiket masuk yang harus dikeluarkan, karena tiket masuk museum ini sudah termasuk ketika pengunjung membayar tiket masuk Kebun Raya. Lokasinya yang berada di tengah pusat Kota Bogor tidak akan membuat pengunjung merasa bingung untuk menemukan Museum Zoologi ini.

“Saya dan keluarga datang dari luar kota untuk mengajak dan mengajarkan anak-anak tentang binatang-binatang jaman dulu. Ya, banyak ilmu tentang satwa yang bisa diambil di sini,” ujar Dian salah satu pengunjung Museum Zoologi.

Namun, satwa-satwa yang berada di museum zoologi ini hanya beberapanya saja, sisanya dipamerkan di Pusat Penelitian Biologi LIPI di gedung Widyasatwaloka, Cibinong, Bogor. Widyasatwaloka dibuka bagi peneliti, sedangkan untuk umum, museum ini hanya dapat dikunjungi setahun sekali.

Bagi para wisatawan yang sedang berada di Bogor, jangan lupa untuk berkunjung ke museum yang berada di dekat pintu masuk utama Kebun Raya Bogor, Jawa Barat ini. Manfaatkan wisata kalian dengan menambah ilmu pengetahuan.