Mengenal Batu Akik dan Batu Mulia

2148

Gemstone ( batu mulia dan batu akik ) di saat ini sudah merupakan bagian penting dalam kehidupan kita,masyarakat di Indonesia sedang menggandrungi pesona indah dari batu akik dan batu mulia untuk di miliki sebagai jewelry atau perhiasan dan koleksi.Bagi kalangan hobi koleksi batu akik dan batu mulia sampai mempelajari jenis-jenis batu akik dan batu mulia dengan beli buku dan bertanya dengan sesama kalangan hobi.Berikut ini penulis mencoba untuk menyajikan informasi tentang batuan alam,semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan tentang batuan alam dalam hal ini batu akik dan batu mulia.

Terbentuk nya batuan di lihat dari sisi ilmu pengetahuan alam dapat dijelaskan pembentukan nya dan akan di ulas dengan dasar ilmu fisika-kimia, sebagai berikut :

Batuan adalah kumpulan alami dari suatu atau lebih mineral,ilmu yang berkaitan dengan batuan disebut Petrologi dan bila mempelajari batuan dengan menggunakan mikroskop adalah petrografi.

Mempelajari batuan berdasarkan pada disiplin ilmu geologi,mineralogi,ilmu kimia dan ilmu fisika yang bersifat monomineralik atau homogen.Pengujian komposisi mineral adalah dengan menetapkan ukuran,tektur,struktur,derajat kristalisasi dan hubungan antar mineral.Batuan adalah bentuk dan dimensi batuan yang berhubungan dengan geologi seperti lava berbentuk pillow lava,batuan warna hijau(green stone) bentuk kayu yang kristalin(silicified wood).

Batuan yang berbentuk Kristal dibentuk melalui proses fisika-kimia yaitu kristalisasi dari suatu status yang dicairkan atau dipanaskan larutan yang mengalami pengendapan dan kritalisasi ulang mineral padat masing- masing proses itu berkembang dan mengakibatkan jenis hasil akhir yang berbeda-beda dengan karakteristik yang beraneka ragam,selain itu di pengaruhi proses temperature dan tekanan tertentu karena dari eksogen dan endogen.

Batuan bentukan alam akibat dari proses alam yaitu batuan beku,batuan sendimen,dan batuan metamorforsa.Batuan beku terjadi akibat aliran magma pada perut bumi yang mendingin,membeku,mengeras,dan mengkristal (igneousrocks) komposisi dalam intrusive atau batuan membeku akibat magma,sebagai contoh : Berly,Korundum,formalin dan kuarsa.

Ekstrusif adalah batuan beku luar terjadi setelah magma meleleh keluar dari permukaan tanah melalui retakan pada kerak bumi,contoh: granit,obsidian.Vulkanis batuan ini terjadi pada magma atau lava keluar dari letusan gunung berapi contoh: batu lahar,pasir dan abu.

Batuan sendimen adalah terbentuk dari proses sendimentasi atau pengendapan dan erosi,tranfortasi dan deposisi.Endapan yang dihasilkan berubah bentuk dari proses kompaksi sementasi kemudian menjadi batuan padat contoh: batu pasir,breksi,batu lempung,serpih,konglomerat dan batu gamping.

Batuan metomorforsa adalah batuan yang terjadi dari perubahan bentuk batu,hal ini disebabkan karena pengaruh suhu,tekanan larutan yang aktif secara kimia,contoh: gneiss,sekis,filit dan marmer.

Batuan kayu adalah hasil dari proses fosilisasi tumbuhan(kayu-kayuan) yang disebut silicified wood.Juga batuan seperti granit,marmer,onix semuanya bisa di jelaskan secara ilmu pengetahuan.

Kulit bumi bagian terluar (kerak bumi) disusun oleh zat padat yang disebut batuan,batuan ini meliputi segala macam materi yang menyusun kerak bumi,baik padat maupun lepas seperti pasir,debu umumnya batuan merupakan ramuan dari beberapa jenis mineral.

Batu mulia dan permata dalam kaitan ini ada suatu ilmu yang mempelajari tentang permata yang disebut ilmu gemology,seorang ahli batu mulia dan permata disebut gemologist.Banyaknya ragam permata maka mengidentifikasinya digunakan foto mikro yang diperlukan untuk mengenali struktur yang ada dalam permata tersebut,hal ini dapat di tentukan keaslian nya.

Batu permata mineral,batu permata organic,batu permata imitasi,batu permata sintesis dapat di lihat dari sturktu Kristal,kekerasan,warna,berat jenis,pemotongan dan pengolahan batuan tersebut.
Indonesia memiliki sentra penghasil atau tambang batu mulia dan permata seperti :

  • Propinsi Aceh,pidie,tenggara sumut penghasil Giok nefrit,akik
  • Propinsi Riau penghasil kalsedon,kuarsa,jaspis
  • Propinsi Sumatera barat penghasil
  • Kecubung,kuarsa,garnet,obsidian,suiseki
  • Propinsi Jambi penghasil fosil koral & kayu,akik
  • Propinsi Banten,Jabar penghasil opal kalimaya,giok,fosil
  • Propinsi Maluku utara penghasil Bacan,krisokola,krisopas
  • Propinsi-propinsi lain nya di Indonesia telah menjadi perhasil atau tambang batu yang sudah di kenal bahkan sampai mancanegara.

Jenis-jenis batu mulia & permata adalah : Amathys (Kecubung),Garnet,Intan,Jade(Giok),Korundum,Opal(kalimaya),Topas,Tumalin.

Jenis-jenis batu semi permata adalah :
Andalusit dan klasitolit,Asurit,Cherf(rijang),florit,Hematit(batu darah),Jesper,Kalsedeson dan agate(batu akik),krisokola,krisopas,Kristal kuarsa,malakit,meteoritektik(batu satam),obsidian,prehnit,Zirkon.
Batu-batu permata di atas terbagi dalam rincian kekerasan,warna,berat jenis,asal muasal,dan lokasi.

Batu mulia(permata) atau orang sering menyebut gemstone tidak di pungkiri mempunyai pesona untuk dimiliki sebagai perhiasan atau aksesoris,namun begitu masih banyak masyarakat yang kurang pengetahuan tentang batuan tersebut untuk itu semoga tulisan atau artikel ini dapat memberikan pengetahuan singkat,yang dapat digunakan untuk ilmu pengetahuan tentang batuan.materi tulisan ini diambil dari berbagai sumber.BEN/BI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here