Mengenal Bangunan Museum Bank Indonesia

1229

20160326_115915JAKARTA – Museum Bank Indonesia merupakan satu dari sekian banyaknya museum yang berada di DKI Jakarta. Berbeda dengan museum lainnya, sebagai Bank Sentral museum yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Pusat atau berada di kawasan Kota Tua ini lebih condong kepada penjelasan mengenai mata uang yang berkembang di Indonesi

Bagi pengunjung yang ingin datang ke museum ini tidak dipungut biaya tiket masuk. Museum Bank Indonesia dapat dikunjungi mulai pukul 08.00-14.30 WIB setiap hari Selasa sampai Jumat, sedangkan saat weekend museum ini dibuka mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Lokasi museum ini sangat mudah dijangkau oleh masyarakat, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Awalnya bangunan ini dibangun sebagai rumah sakit, yakni rumah sakit Binnen Hospitaal, kemudian dialihfungsikan sebagai bank De Javashe Bank (DJB) pada Tahun 1828. Hingga pada Tahun 1953, setelah kemerdekaan Indonesia, bank ini beralih kembali menjadi bank sentral Indonesia atau yang sekarang lebih dikenal dengan Bank Indonesia.

Tidak bertahan lama, pada Tahun 1962 pemerintah Indonesia memindahkan Bank Indonesia ke tempat baru sehingga membuat bangunan Bank Indonesia menjadi kosong tanpa dipergunakan untuk hal penting. Melihat nilai sejarah pada bangunan ini, sampai pada akhirnya Gubernur Bank Indonesia, Burhanuddin Abdullah meresmikan bangunan Bank Indonesia yang lama menjadi Museum Bank Indonesia pada Tahun 2006.

Bangunan yang berdiri kokoh ini memang memiliki arsitektur interior yang kuno, namun fasilitas yang disuguhkan kepada pengunjung sudah diaplikasikan secara modern. Beberapa alat peraga juga sudah mulai menggunakan teknologi yang lebih modern, seperti informasi yang menggunakan layar sentuh, parabolic speaker, dan lain sebagainya.

Ketika memasuki museum ini, para pengunjung akan diajak untuk mengenal mata uang Indonesia melalui teknologi hologram. Selanjutnya pengunjung disuguhkan dengan kisah bagaiamana Indonesia kaya akan rempah-rempah yang menjadi perebutan bangsa asing. Kemudian pada ruangan berikutnya sampai akhir, pengunjung dapat mendengar cerita tentang perjalanan Bank Indonesia dalam bidang perbankan, moneter, sistem pembayaran, dan kelembagaan.

Berminat untuk melihat proses perkembangan mata uang Indonesia dan berwisata gratis? Silahkan isi akhir pekan Anda di Museum Bank Mandiri Jakarta.Nisa