Menegok Negeri Ginseng Korea di kampung Tionghoa Cibubur

1523

Menengok Negeri Gingseng Korea di Kampung Tionghoa Cibubur

BOGOR – Pariwisata di Indonesia bukan saja hanya menyajikan ragam budaya nusantara. Di Cibubur misalnya, Kota Wisata yang berlokasi di Komplek Perumahan Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat ini menawarkan wisata yang memiliki konsep dari berbagai negara, seperti Tiongkok, Jepang, Mexico, Amerika, dan Eropa yang dibangun sejak 2002 lalu.Salah satu spot Kota Wisata yang banyak dikunjungi adalah Kampung Tionghoa. Lokasinya tepat berada di dekat boulevard keempat di dalam Kota Wisata

Begitu memasuki gerbang Kampung Tionghoa yang bertuliskan “Gerbang Kemakmuran” dengan dua patung besar membawa obor dan lampion-lampion merah serta patung naga, rasanya sudah seperti berada di negeri gingseng sungguhan.Belum lagi pengunjung akan disambut oleh atraksi Barongsai yang dimainkan dengan gesitnya oleh anak-anak kecil. Para pengunjung tidak dipungut biaya masuk Kampung Tionghoa, hanya mengeluarkan budget untuk biaya parkir saja.

Di dalam Kampung Tionghoa tersebut banyak toko atau kios yang menawarkan ragam pernak-pernik khas Tiongkok, seperti baju Cheongsam, payung, aneka makanan, aksesoris gelang, gantungan kunci, dan berbagai pajangan yang terbuat dari kerajinan kayu dan logam. Aksesoris tersebut sangat cocok bagi yang merayakan Tahun Baru Imlek. Selain harganya yang tergolong murah, perlengkapan Imlek di sini juga lengkap.

“Kalau menjelang Imlek suka ramai pembeli, biasanya mereka mencari perlengkapan untuk Tahun Baru Imlek, seperti lampion, pajangan, makanan, cheongsam. Kalau hari biasa juga ramai, banyak yang bawa anaknya ke sini. Di sepanjang Kampung Tionghoa ini banyak yang berjualan pernak-pernik yang berbau Tionghoa, jadi pengunjung juga bebas memilih. Harganya juga standar nggak terlalu mahal,” ujar Farida salah satu penjual aksesoris.

Mengisi akhir pekan bersama teman-teman atau keluarga memang tak ada salahnya mengunjungi Kampung Tionghoa. Suasana di sana memang mengusung China Town, karena didominasi oleh warna merah dan emas, replika patung naga, dan banyaknya lampion yang menghiasi langit-langit di sepanjang jalan. Bagi yang gemar berfoto dapat menelusuri Fantasy Island yang berada di halaman belakang Kampung Tionghoa. Pohon-pohon yang rindang serta danau menambah kesejukan suasana di Fantasy Island. Replika dinosurus yang besar tentu menjadi tempat favorit bagi anak-anak.

I was really excited. Saya dari Bogor dan memang sengaja ke sini bareng teman-teman, ya sekadar jalan-jalan weekend. Sempat kaget dan sedikit kecewa pas masuk Fantasy Island karena tempatnya berubah nggak kayak yang pertama saya ke sini sama keluarga. Bangunan-bangunan di sini udah nggak terawat, tapi tetap keren sih kalau buat foto-foto,” kata Tika salah satu pengunjung Kampung Tionghoa.

Memang tempat ini sepertinya sudah lama tidak terawat, tapi masih banyak pengunjung yang datang dan berfoto di depan ruko-ruko yang sudah terbengkalai.Di komplek Kota Wisata, selain Kampung Tionghoa juga terdapat kolam renang Eldorado dan jajaran berbagai kuliner.Nskampung Tionghoa cibubur 2