Mahasiswa Jepang Belajar Budaya Dan Mengajar Kursus Di Denpasar

1243

Mahasiswa Jepang Belajar Budaya dan Mengajar Kursus di Denpasar

 

Mahasiswa  Universitas Tottori Daigaku  berkunjung ke Kota Denpasar untuk mengajar bahasa Jepang kepada anak Sekolah Dasar hingga Mahasiswa di Mataken Gakko selama 10 hari mendatang. Kedatangannya ke Denpasar juga untuk mempelajari kebudayaannya serta mengunjungi objek wisata kota seperti Heritage City Tour Denpasar.

Demikian yang disampaikan Japannese Language Teacher Sugimoto Joji didampingi Pengelola Metaken Gakko,  I Gusti Kompiang Pujawan  kepada Asisten II Setda Kota Denpasar  Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta saat audensi di Kantor Walikota Denpasar, Selasa (15/9).

Menurut Sugimoto Joji,  kebudayaan Jepang dengan Bali memiliki kemiripan atau kesamaan selain itu dari wisatawan Jepang yang berkunjung ke Bali khususnya ke Denpasar mengaku sangat senang dan betah tinggal berlama-lama. Untuk mempermudah komunikasi orang Bali dengan Jepang maka mahasiswa Universitas Tottori Daigaku  mengajar Bahasa Jepang secara gratis di Mataken Gakko. Anak-anak yang diajarkan mulai dari anak Sekolah Dasar hingga mahasiswa.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya yang datang ke Bali memiliki latar belakang ilmu yang berbeda. Ada mahasiswa dari jurusan pertanian, engineering, ekonomi, serta guru. Selain mengajar bahasa Jepang di Mataken Gakko pihaknya juga melihat berbagai objek wisatawan di pulau dewata khususnya Kota Denpasar salah satunya di Puri Jro Kuta. ”Kami merasa sangat senang bisa datang ke Bali khususnya Kota Denpasar dan bisa mengajar bahasa Jepang. Untuk itu pihaknya ingin Jepang dan Kota Denpasar bisa menjalin kerjasama,” ungkapnya.

Sementara itu Asisten II Setda Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta  mengatakan Pemerintah Kota Denpasar sangat mendukung program ini karena bertujuan kebersamaan terutama di bidang pendidikan. Dimana menurutnya pendidikan selain di tempuh pada jalur formal juga bisa pada jalur non formal, yakni belajar dengan masyarakat maupun alam. Ia juga mengatakan Pemerintah Kota Denpasar dengan Jepang sudah berkerjasama sejak lama. ”Untuk itu kita sebagai generasi penerus bagaimana menyikapi dan menjalin komunikasi yang bagus” ungkapnya.

Selain itu Pemerintah Kota Denpasar juga tidak menutup kemungkinan akan belajar bahasa Jepang kepada Mahasiswa yang datang ke Denpasar. Hal tersebut karena Denpasar tidak menutup diri terkait dengan pendidikan. Selain masalah Pendidikan mahasiswa yakni mengajar bahasa jepang kepada anak-anak. Pihaknya juga berharap bisa mengujungi objek wisata Kota Denpasar serta kebudayaannya. Sehingga nanti dapat diperkenalkan dengan keluarganya di Jepang yang belum pernah berkunjung di Kota Denpasar.

AA Ngurah Gede Widiada, Ketua Pasemetonan Denpasar Fukuoka menambahkan, hubungan Jepang dengan Denpasar Fukuoka sudah terjalin sangat kontinyu tidak hanya mahasiswa Universitas Tottori namun berbagai universitas juga telah menjalin kerjasama. Dengan hubungan yang kontinyu ini pihaknya memanfaatkan memperkenalkan objek wisata Bali pada umumnya dan Denpasar khususnya terutama pada objek Heritage City Tour.

Melalui kunjungan ini ia mengharapkan memperherat hubungan terutama dibidang pendidikan. Lantara Mataken Gakko  didirikan untuk memberikan khusus bahasa Jepang secara gratis kepada masyarakat Bali.Mahasiswa Jepang Belajar Budaya dan Mengajar Kursus di Denpasar