Key Performance Indicators(KPIs) of Effective Hotel Operations

2

Bali Inspirasi.Key Performance Indicators (KPIs) of Effective Hotel Operations

Pengelolaan hotel kedepannya semakin mendapat tantangan lebih variatif di segala bidang, bukan hanya secara konvensional yaitu tantangan pada persaingan bisnis, namun juga dalam bidang perubahan perilaku customers, loyalitas karyawan, komitmen para owners, dan lain-lain. Hal ini semakin menjadi masalah di internal manajemen perhotelan dan lebih parah lagi dengan tidak disadarinya fenomena tersebut merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari dengan gencarnya era revolusi industri 4.0 ini.

Menyikapi hal tersebut, Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) Denpasar sebagai sekolah kepariwisataan terkemuka di Bali serta memiliki jaringan internasional yang luas melaksanakan program rutin akademik di luar jadwal perkuliahan tetap bagi mahasiswanya. Program tersebut bernama “Industrial Day” yaitu memberikan kuliah umum pada mahasiswa dengan mengundang para narasumber yang kompeten di dunia industri pariwisata dan perhotelan. Dilaksanakan setiap hari Jumat dengan topik yang strategis dan terkini di dunia industri.

Menurut salah satu perwakilan STPBI Denpasar, I Made Arya Astina,SS.,M.Hum, program ini adalah sebagai media interaktif dunia pendidikan dengan industri sehingga keterkaitannya bukan hanya terbatas pada link and match saja namun lebih kepada memberikan informasi terkini bagi mahasiswa sehingga nantinya mereka benar-benar menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap menempati posisi lowongan di dunia kerja dengan sukses. “Industrial Day ini sangat diminati oleh mahasiswa kami, selain topik yang bervariasi dan terkini, mereka juga sangat leluasa mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dari pemaparan para narasumber” demikian ditambahkan Arya Astina.

Kegiatan Industrial Day pada hari Jumat, 1 Maret 2019 bertempat di Auditorium kampus mengundang I Ketut Suabawa, CHA (Director Swaha Hospitality Management) sebagai pemateri dengan topik “KPIs of Effective Hotel Operations” dan diikuti mahasiswa dari berbagai program studi terutama level DIII dan DIV terbagi dalam dua sesi. Swabawa mengatakan “Kita perlu membekali mahasiswa dengan strategi-strategi terkini terkait pengelolaan hotel atau unit bisnis kepariwisataan lainnya. Selain memang dalam perkuliahan reguler mereka telah mendapatkan materi analisa, standar dan lain-lain. Seperti halnya KPI untuk pengelolaan hotel yang efektif ini merupakan salah satu tool untuk mengetahui dan menentukan business performance yang berkelanjutan. Dan tadi mahasiswa sangat antusias untuk bertanya dan juga kelihatan mereka sangat puas dengan program Industrial Day yang diselenggarakan kampus ini”.

STPBI Denpasar saat ini memiliki beberapa program studi diantaranya DIII Manajemen Perhotelan, DIV Manajemen Perhotelan, DIV Manajemen Kepariwisataan, S1 Kepariwisataan dan lainnya. Beroperasi dibawah naungan Yayasan Dharma Widya Ulangun, STPBI juga menyelenggarakan program pelatihan dengan jenjang Basic Level (1 tahun) dan Middle Level (2 tahun) dengan berbagai program studi kepariwisataan dan perhotelan di bawah bendera Sekolah Perhotelan Bali (SPB). Tahun ini SPB merencanakan akan meluncurkan program pelatihan baru yakni Engineering Perhotelan yang jumlah penyelenggaraannya memang masih sangat minim di Bali dalam memenuhi kebutuhan hotel akan tenaga teknisi perhotelan yang terampil dengan karakter hospitality yang kuat.bali inspirasi.