Kampung Kompeten sebagai Bentuk Partisipasi LPKS di Kota Denpasar dalam Menyambut Hari Ulang Tahun Kota Denpasar yang ke – 232

2

Bali Inspirasi.Kampung Kompeten sebagai Partisipasi LPKS di Kota Denpasar dalam Menyambut Hut Kota Denpasar Ke – 232.

Bali – Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) di Kota Denpasar yang tergabung dalam sebuah wadah asosiasi bernama Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Kota Denpasar bersinergi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar kembali menghadirkan ‘Kampung Kompeten’ sebagai bentuk partisipasi LPKS di Kota Denpasar dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kota Denpasar yang ke – 232. Rabu. (5/2).

Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar. Rai Anom Suradi mengatakan banyak kita punya di denpasar kurang lebih ada 50. Oleh karena itu kita panggil talent-talent youtube kita ajak duduk bersama, apasih yang kita sematkan dalam agenda kampung kompeten denpasar. Nah dalam rembug tersebut namanya rembug kompeten.

“Karena kami mendadak waktu itu kan non budget, nah kita ajak temen-teman apa yang bisa kita perbuat. Tahun lalu kita garap di Bali hotel di depan pak wakil kita akan melaksanakan kampung kompeten untuk kita berikan informasi kepada generasi muda tentang dunia kerja.”ungkap. Rai Anom Suradi.

Nah sekarang setelah terbentuk namanya himpunan dari lpks ini pak nyoman ketuanya. Ini lah gagasan beliau saya tingggal membackup dari belakang.

Sedangkan yang tahun lalu itu jadinya anak-anak kita terutama dari smk bisa memberikan gambaran kalau dunia kerja kedepan dalam lkps apa yang bisa mereka tempuh. Nah inilah lpks-lpks ini menawarkan pelatihan-pelatihan setara D1 D2 itu lebih awal mereka paham tentang keterampilan .

Kita kan sangat dibutuh kan dalam dunia kerja keterampilan, bukan sekedar knowledge, lebih di butuhkan skill. Justru disini yang sangat rendah sekali di indonesia tenaga kerja di bidang skill.

Kalau knowledge mungkin kan banyak, oleh karena itu ini lebih awal mereka punya keterampilan yg bisa sebagai bekal mereka masuk ke dunia kerja.

Berbagai macam kita punya lpks, berbagai program di bidang perhotelan tentunya yang terbanyak tapi diluar itu juga banyak ada yang di enginering, pelatihan asing, perbengkelan, alat-alat rumah tangga bahkan sampai yoga pun ada.

“Oleh karena itu kita tawarkan kepada anak-anak. Ini lah kita tawarkan di dalan kampung kompeten ini. Anda lebih cepat punya keterampilan dan skill silajkan ini ada banyak.”Jelas. Rai Anom Suradi

Ketua DPC Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Kota Denpasar Nyoman sukadana mengatakan Sebagai bentuk partisipasi aktif LPKS menyambut hari ulang tahun Kota Denpasar, Kampung Kompeten 2020 bertujuan untuk membangun keakraban dan kekompakan  antar LPKS di Kota Denpasar.

“Sementara sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat Kota Denpasar ragam lembaga pelatihan yang tersebar di Kota Denpasar.,”ungkap.Nyoman sukadana.

“Dikatakan Nyoman Sukadana rencana nya akan di hadiri oleh 500 peserta di acara pembukaan. Tetapi overoll acara ini akan di hadiri kurang lebih sampai 2000/3000 pengunjung dalam 1 hari nanti.”ujarnya.

Dimana masyarakat kota denpasar dan mungkin luar kota denpasar datang kesini untuk melihat agenda kampung kompeten ini. Tujuannya diadakan acara ini adalah menjadikan denpasar sebagai skill development center.

Sehingga masyarakat denpasar khusus nya di bali dan mungkin indonesia pada umumnya yang menginginkan untuk mengembangkan potensi diri untuk belajar keahlian di berbagai bidang di denpasar tempatnya.

“Kita mengharapkan agenda kampung kompeten ini sebagai sebuah agenda yg mampu menstimulus masyarakat untuk lebih mengetahui momentum saat ini bahwa industri sangat membutuhkan talent-talent skill di berbagai bidang sehingga LPKS di kota denpasar ini menjadi jawaban kegelisahan masyarakat.”Ucap.Nyoman Sukadana.

Kampung Kompeten tahun 2020 kali ini mengusung tema ‘Agawe Sukaning Wong Len’ yang bermakna membuat orang lain menjadi bahagia sehingga beragam kegiatan mulai dari pameran pelatihan dari puluhan LPKS Kota Denpasar, “ucap. Ketua Panitia Kampung Kompeten Hadi Purnantara.

“Menurut Hadi Purnantara Konsultasi pelatihan & karir, akustik dan talent performances akan dihadirkan di hadapan masyarakat dan siswa – siswi SMA/ SMK sekota Denpasar yang nantinya diundang hadir dalam kegiatan ini.”jelasnya.

Acara Kegiatan Kampung Kompeten 2020 akan diadakan di gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Kota Denpasar pada tanggal 7 Februari 2020 mulai pukul 9 pagi dan akan dibuka langsung oleh Walikota Denpasar, Bapak Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

Konsep acara Kampung Kompeten 2020 yang diinisasi Hillsi Kota Denpasar dan Dinas Tenaga Kerja & Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar ini tentunya turut menegaskan komitmen LPKS di Kota Denpasar untuk senantiasa mendukung pemerintah Kota Denpasar untuk menghadirkan Kota Denpasar yang bebas sampah plastik dan berbasiskan smart city.”ungkap. Hadi Purnantara.

“Dikatakan Hadi Purnantara Bersama Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Kota Denpasar, wujudkan Kota Denpasar sebagai Skill Development Center yang unggul, kreatif dan berwawasan global”, “ujarnya.bali inspirasi