INDONESIA TOURISM OUTLOOK 2016

773

Para alumni dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bali menghimpun diri dengan misi mengabdi pada masyarakat terutama yang bergerak di bidang hospitality industry, dengan menyebut ESTEPERS.

Selain banyak membuat kegiatan serta gagasan dalam rangka turut serta dalam program pemerintah untuk memajukan pariwisata di Indonesia.

 

Mengawali tahun 2016, ESTEPERS dengan di dukung oleh beberapa media khususnya di Bali, yang bertujuan untuk memajukan kepariwisataan Indonesia mengadakan seminar bertajuk Indonesia Tourism Outlook 2016, yang bertujuan untuk membuka peluang – peluang baru bagi pebisnis di bidang kepariwisataan di Indonesia.

 

Seperti yang telah di targetkan oleh pemerintah untuk periode lima tahun kedepan terhitung dan tahun 2015, kunjungan wisatawan manca Negara ke Indonesia menjadi 20 juta. Disamping itu pariwisata harus menghasilkan Rp. 240 triliun dengan persentasi 8% dari total jumlah perekonomian Indonesia. Jika hal ini bisa terlaksana, tidak mentutup kemungkinan pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan bagi 13 juta masyarakat Indonesia khusus nya pada sektor Pariwisata. 

 

Untuk target yang challenging tersebut pemerintah telah menyiapkan dana promosi sebesar Rp. 2,95 triliun, setengah dari biaya tersebut akan di gunakan untuk branding pariwisata Indonesia serta akan di anggarkan untuk promosi industry MICE (Meeting, Incentives, Convention serta Event)

 

Untuk strategi serta segala upaya perencanaan promosi pariwisata Indonesia akan melibatkan para praktisi pariwisata itu sendiri, seperti pemilik sarana akomodasi, transportasi, tempat wisata serta segala aspek yang menunjang kepariwisataan tersebut.  

 

Indonesia Tourim Outlook 2016 yang di selenggarakan pleh ESTEPERS akan di bahas lebih dalam lagi oleh para pendukung kepariwisataan, adalah Prof. I Gede Pitana dari Deputi Bagian Pengembangan & Pemasaran Manca Negara Kementrian RI, Dr. Ir. Tjok Oka A A Sukawati M. SI selaku Ketua DPD PHRI Provinsi Bali, Dendy Kurniawan – CEO Air Asia X dan Peter Sutiyono – Marketing Business Group Head Microsoft Indonesia. Para nara sumber tersebut akan bersama-sama mengupas upaya- upaya dalam rangka pengembangan termasuk promosi pariwisata. Indonesian Tourism Outlook 2016,2 Indonesian tourism Outlook 2016,3