IHGMA Bali Dorong Profesionalisme GM Hotel

1
I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA

Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) sebagai asosiasi profesi para pimpinan hotel di Indonesia semakin berperan dalam meningkatkan kualitas para anggotanya melalui kegiatan asosiasi dengan motto Professionalisme – Integrity – Networking. Ditemui di kantornya di kawasan Jalan Bypass Ngurah Rai Suwung Denpasar, I Nyoman Astama, SE.,MM.,CHA yang merupakan Ketua DPD IHGMA Bali menyampaikan bahwa IHGMA yang lahir di Bali dan diresmikan pada 20 April 2016 lalu sangat dirasakan manfaatnya bagi perkembangan bisnis perhotelan  dalam mendukung pembangunan kepariwisataan di Indonesia.

Khususnya di Bali sebagai kantor pusat asosiasi memiliki jumlah anggota terbesar dibandingkan DPD IHGMA lainnya di Indonesia, yakni mencapai 144 anggota saat ini dimana pada awal berdiri pada 2016 lalu baru berjumlah sekitar 48 orang. “Kita menyadari semua butuh proses dan kesibukan GM sangat banyak sekali terkait tanggung jawabnya di perusahaan. Untuk itu kami senantiasa mendorong rekan-rekan agar tetap solid dalam asosiasi karena ini bukan untuk kepentingan pribadi semata namun ada target yang lebih besar kita harapkan bersama yakni memajukan dan meningkatkan pencapaian target dan kualitas bisnis perhotelan. Ini tentunya membutuhkan skill competency seorang GM yang tinggi, lewat asosiasi kita saling sharing dan meningkatkan soliditas untuk kemajuan bersama” kata Astama yang sehari-harinya adalah Managing Director Pacific Holidays Destination dan NUSA Hospitality ini.

Lebih lanjut Astama menjelaskan keberadaan  IHGMA di Bali yang telah membentuk 2 Dewan Pengurus Cabang (DPC) yakni Karangasem dan Buleleng ini secara rutin menyelenggarakan pertemuan bulanan dan tahunan sebagai kegiatan informal asosiasi, sedangkan kegiatan formal diselenggarakan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang telah terlaksana pada 2017, 2018 dan 2019 lalu. Untuk 2020 ini pertemuan tahunan anggota akan diselenggarakan pada Jumat, 31 Januari 2020 di Segara Seafood Restaurant – Discovery Shopping Mall. Menurut Astama, kegiatan tersebut juga akan dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus untuk DPC yang baru yakni DPC IHGMA Gianyar. “Panitia penyelenggara yang dipimpin Bapak Made Pastika, CHA telah menyiapkan acara tersebut sejak akhir Desember lalu dan akan mengambil tema WOW; Wonder Of Wealth! Sementara DPC IHGMA Gianyar kami kukuhkan dengan ketua terpilih Bapak Agus Suananda, CHA. Kami harap dengan dibentuknya DPC IHGMA Gianyar ini akan mempercepat perekrutan anggota baru di kabupaten tersebut yang kita kenal memiliki destinasi kelas dunia yaitu Ubud dengan beragam jenis hotel dari budget hotel hingga 5 stars luxury resort. Dengan demikian kami harap IHGMA dapat berkontribusi lebih baik di Ubud dan Gianyar” pungkas Astama mengakhiri pembicaraannya.