Hadiri Cap Go Meh Bogor, Bima Arya: Kebudayaan, Keberkahan, dan Kebersamaan

1121

IMG_6911BOGOR – Dalam menyambut Cap Go Meh 2016, Kota Bogor menyelenggarakan pesta rakyat pada Senin (22/02/2016). Acara bertajuk Cap Go Meh (CGM) Street Festival 2016 ini berlangsung di Vihara Dhanagun hingga ke sepanjang Jalan Suryakencana, Bogor, Jawa Barat dibuka pukul 14.30 WIB.

Pesta rakyat ini dihadiri oleh Walikota Bogor Bim Arya, ia mengatakan ada tiga hal dalam perayaan Cap Go Meh 2016 ini, yaitu kebudayaan, keberkahan, dan kebersamaan.

“Kebudayaan ini bukan hanya dari Jawa Barat, tetapi dari seluruh penjuru negeri. Yang kedua soal keberkahan, saya cek ke beberapa hotel sekitar Kebun Raya dan Suryakencana, hampir semua penuh diisi tamu-tamu yang datang ke Bogor. Ketiga soal kebersamaan, apapun sukunya, agama, asalnya hadir di sini untuk merayakan Cap Go Meh,” papar Bima Arya saat memberikan sambutan di Perayaan Cap Go Meh 2016.

Ribuan rakyat pun memadati Jalan Suryakencana untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan seni yang digelar di acara yang bertema ‘Pesta Rakyat Bogor Ajang Pemersatu Bangsa’ ini.

“Pesta rakyat ini merupakan pluralisme warga Bogor. Ada sekitar 50 kelompok kebudayaan terlibat dalam acara ini,” ujar Arifin Himawan selaku Ketua Panitia Cap Go Meh Bogor 2016.

Selain menampilkan atraksi barongsai, liongsai, dan Tari Tor-Tor khas
Batak untuk menyambut kedatangan Walikota Bogor Bima Arya, acara yang dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ini juga menampilkan ogoh-ogoh, Marching Band, Drum Band dari Pusdikzi, Hanoman, Reog Ponorogo, tarian daerah dan berbagai kesenian lainnya turut memeriahkan pesta rakyat ini.

Acara ini berlangsung dari sore hingga malam hari, dan puncak acaranya saat arak-arakan barongsai, liongsai, dan toa pe kong yang dimulai dari Vihara Dhanagun ke Vihara Buddha Maitheya yang memakan jarak 3 Km.

Meski hujan terus mengguyuri pusat perayaan Cap Go Meh, tak menyurutkan warga yang datang untuk menyaksikan pesta rakyat tersebut. Bahkan saat hujan deras, Walikota Bogor Bima Arya pun jalan ke bawah untuk mengikuti arak-arakan saat acara penutupan. NisaIMG_6773 IMG_6976