Gong Kebyar Anak Duta Denpasar Tampil Memukau

1334

Kota Denpasar menampilkan seniman-seniman muda berbakat disetiap ajang PKB mendapat apresiasi baik dari panitia PKB maupun masyarakat penonton. Seperti diperlihatkan Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Wirama Tirtayasa Br. Kangin Sidakarya Densel. Tampil maksimal dan memukau di Panggung Terbuka Ardha Candra Denpasar, Selasa (16/6).

Tampil dengan balutan busana dominan warna dasar putih dipadu motif-motif prada udeng ngenjik, penampilan Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Br. Kangin Sidakarya Densel begitu menghipnotis penonton. Berhadapan dengan pesaingnya Kabupaten Badung, Sekeha Gong yang dikoordinir I Wayan Narta cs dalam ajang PKB kali ini mengawali penampilannya dengan tabuh pat pepanggulan dengan judul “Candana”. Mengisahkan suasana keceriaan, kesenangan dan kegembiraan anak-anak dalam melakoni kehidupannya. Yang dituangkan kedalam sebuah bentuk karawitan instrumental Tabuh Pat Lelambatan Kreasi.

Dengan mengedepankan bentuk dan uger-uger/jajar pageh tabuh pat klasik pegongan yang didalamnya terdapat permainan tempo, ritme, dan dinamika. Serta pengolahan nada yang ditata apik nan indah membaur menjadi satu komposisi yang utuh dalam konsep karawitan Bali. Tak kalah menarik dari tabuh Pat Lelambatan, disesi berikutnya duta Denpasar menampilkan sebuah garapan tari kreasi yang berjudul “Kuma Lenjeng”. Tari ini oleh peñata tarinya I Made Sukarda cs mengisahkan proses kelahiran manusia setelah berusia enam bulan yang dalam Agama Hindu dikenal dengan sebutan upacara “Ngenteg Tanah”.

Dimana dalam penampilannya, penari membawa sebuah guwungan atau kurungan ayam sebagai perlambang dunia atau alam semesta. Yang bermakna, sejak saat itulah manusia mulai dihadapkan pada dunia nyata yang penuh dengan tantangan. Kelincahan gerak plus penampilan yang sedikit centil menantang, membuat Ratih dan kawan-kawan tak henti mendapat aplaus penonton. Pada sesi berikutnya berturut-turut duta Denpasar menampilkan tabuh kreasi “Kebyar Ding Surapati” dan dolanan anak sebagai pamungkas.

Penampilan Dolanan yang memang menjadi magnet bagi penonton terutama anak-anak, kemarin dibawakan begitu lincah dan ceria oleh duta anak Kota Denpasar. Gelak dan tawapun mengiringi setiap gerak dan joke-jokeyang dilontarkan para pemainnya. Dengan mengambil judul “Campah Nyampahin”, penampilan duta Denpasar begitu menghibur. Penampilan duta Denpasar kemarin juga disaksikan langsung Walikota Denpasar IB Rai D. Mantra, Sekda Rai Iswara dan pejabat penting lainnya.IKAW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here