FO Safety & Security Common Preventive Action

2

Bali Inspirasi.Seminyak-Bali.Saat ini dan kedepan nya technology fintech lebih maju secara berbagai jenis yang semuanya itu menggunakan satu alat yakni gadget atau handphone.Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para front liner saat ini,terkait hal itu berbagai narasumber terlibat dalam pembahasan kali ini.

HFLA Bali mengadakan event untuk pertamakalinya ditahun 2020 ini mengambil tema” FO Safety & Security Common Preventive Action,

 

“Acara ini dikemas dalam bentuk interactive discusion.Topik ini digagas karena meninjau masalah financial crime yang ada di hotel-hotel front liner,tujuan nya agar mengetahui cara-cara preventive untuk menangani case-case yang ada.Acara ini dihadiri sekitar seratus front liner dari berbagai hotel di bali.
Salah satunya case yang ada berupa penggunaan kartu kredit sebagai pembayaran dihotel,berbagai kendala termasuk nama yang tertera dikartu kredit yang tidak sesuai dengan si pengguna,pemalsuan kartu kredit,dan sindikat kartu kredit misalnya,hal ini bagaimana cara menanganinya dibahas secara preventive di event kali ini.”

 

ungkap I Made David Diawan selaku wakil ketua HFLA Bali yang sekaligus Front Office Manager di The One Legian Hotel.

Melibatkan pembicara dari berbagai pihak ,yakni ;
IB Purwa Sidemen Direktur Eksekutif BPD PHRI BALI, Kepala Bagian Operasional Polres Denpasar- Kompol I Nyoman Gatra SH MH, Sila Adnyana Duty Manager KFCC BALI Bank Central Asia ,Rahmat Julyanto -Seasoned Hotelier, Endy Hermawan -resort Manager Adiwana Arta Vilas dan Amatara Arya Ubud. dan I Wayan Sugita Resident Manager The Magani Hotel and Spa.

“Dan belum semua hotel menerapkan tehnology fintech ini,hal ini akan menjadi tantangan perubahan dari sistem manual yang berupa kartu kredit ke sistem technology fintech yang semakin berkembang pesat.Sebagai contohnya Apple Card yang saat inipun tidak berupa kartu,melainkan ada didalam gadget,hal ini akan berkembang terus lima hingga sepuluh tahun kedepan nya.
Berbagai penipuan sindicate kartu kredit,dan sebagainya ini yang secara langsung merugikan pihak hotel,termasuk keamanan hotel dan sekitarnya sering kali jadi isu-isu yang berpengaruh negative terhadap pariwisata bali.

Langkah-langkah untuk menghadapi itu semua kali ini dibahas secara tuntas serta perlunya sikap kewaspadaan para front liner yang bekerja menghadapi para tamu dan pengunjung hotel.” kata David.

Kepala Bagian Operasional Polres Denpasar,Kompol I Nyoman Gatra. SH. MH. mengatakan,”Masalah Narkoba yang semakin meningkat di Bali saat ini perlu diwaspadai.Berbagai masalah lainnya juga signifikan naik seperti curanmor dan juga angka kecelakaan lalu lintas yang cenderung terjadi dimalam hari,hal ini sering disebabkan oleh mabuk minuman keras saat berkendara.”

Demikian acara yang digelar pada 22 february 2020 di Hotel The Haven seminyak,kali ini.bali inspirasi