BPR LESTARI Gelar Festival Enterpreneur”UNBRANDING” Menganugrahi DR I Ketut Mardjana dengan “Lestari Entrepreneur of The Year 2019”

1

Bali Inspirasi.Denpasar-Bali,Festival Entrepreneur yang dihelat oleh BPR Lestari kali ini memberi penghargaan kepada DR I Ketut Mardjana dengan Dianugerahi “Lestari Entrepreneur of The Year 2019 ”
Putera terbaik Kabupaten Bangli yang telah dikenal luas kiprahnya baik di level nasional dan internasional yaitu DR I Ketut Mardjana kembali meraih penghargaan prestisius.

Sebelumnya berbagai penghargaan telah dianugerahkan oleh berbagai lembaga bonafide di level nasional dan internasional seperti Asian Development Best Executive Awards, Asean Social and Economic Corporate Golden Awards, People of The Year 2011 sebagai inspiring CEO serta CEO BUMN terbaik, CEO inspiratif, putra kabupaten Bangli kelahiran Batur Kintamani ini kembali mendapatkan penghargaan.

 

Festival Enterpreneur by BPR Lestari

DR I Ketut Mardjana diberikan anugerah sebagai Lestari Entrepeneur of The Year 2019 oleh Redaksi Money&I Magazine; majalah bisnis yang diterbitkan oleh bank perkreditan rakyat terbesar di Bali yaitu BPR Lestari.

DR I Ketut Mardjana sendiri sebelumnya berkiprah lama di dunia bisnis di level nasional baik di swasta maupun BUMN. Karirnya merangkak dari bawah setelah menamatkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Akuntansi Nasional (STAN) hingga meraih posisi bagus di departemen keuangan.

Kemudian pindah ke perusahaan swasta yaitu pengelola jalan toll hingga kemudian mampu menyulap BUMN yang sebelumnya mati suri yaitu PT. Pos Indonesia menjadi perusahaan yang menguntungkan. Tak heran dengan kemampuannya memperbaiki perusahaan yang mati suri hingga berkembang dan menguntungkan ini membuat DR. I Ketut Mardjana dijuluki sebagai Sang Transformer.

Setelah separuh lebih menghabiskan usia dan waktunya merantau membangun karir serta juga dikenal sebagai tokoh yang berperan dibalik pembangunan berbagai Pura milik umat Hindu khususnya Pura Gunung Salak serta berbagai pura di Bali dan Kintamani, akhirnya DR I Ketut Mardjana pulang kampung.

Dia mengaku teringat pesan orang tuanya untuk turut serta membangun kampung halamannya yang telah sekian lama dia tinggalkan. DR I Ketut Mardjana kemudian harus banting setir membangun sebuah usaha dari awal dalam bidang usaha yang sebelum ini tidak pernah digeluti yaitu pariwisata.

Sebuah usaha destinasi wisata air panas alami (natural hotspring) yang menjadi andalan destinasi wisata di Kintamani dan Kabupaten Bangli.
Dalam waktu yang tidak terlalu lama yaitu sekitar empat tahun, destinasi wisata yang bernama Toya Devasya Natural Hotspring ini tumbuh menjadi destinasi wisata andalan Kintamani dan Kabupaten Bangli.

Bahkan unit usahanya kini telah berkembang ke fasilitas akomodasi berupa Villa yang mewah, Restaurant dan Bar, Spa, Watebom, Adventure, Hikers Camp dan yang terbaru Watersport di Danau Batur.

Semuanya itu dicapai dalam waktu yang relatif singkat untuk sebuah perusahaan baru. Jiwa Sang Transformer sebagaimana julukannya dalam kemampuan merubah dan mengembangkan usaha sekarang tercermin dalam usahanya yaitu Toya Devasya Natural Hotspring.

Namun di balik semua kesuksesannya tersebut, DR I Ketut Mardjana selalu tidak melupakan pesan orang tuanya untuk membangun kampung halamannya dan filosofinya sendiri untuk berbagi dengan yang lain. Hal ini terlihat dalam kebijakannya di Toya Devasya Natural Hotspring untuk selalu berbagi, menginspirasi tumbuh dan berkembangnya usaha serta kesejahteraan masyarakat.

Kemunculan Toya Devasya Natural Hotspring telah ikut membangkitkan munculnya usaha kecil di sekitarnya seperti warung makan, penyewaan kamar kos, laundry, memperkuat dan menambah usaha pramuwisata serta transport serta destinasi wisata selfie. Bahkan Toya Devasya Natural Hotspring sendiri turut membantu usaha wisata camping yang dirintis oleh kelompok sadar wisata Mahardika Bukit Trunyan.

Selain itu manajemen Toya Devasya Natural Hotspring dibawah pimpinan DR I Ketut Mardjana tidak lupa bersyukur kepada Sang Hyang Widhi dengan secara rutin menghaturkan punia ke pura-pura sekitar Geopark Batur serta terus membantu kegiatan karang taruna serta bakti sosial kesehatan.

Berbagai aktivitas yang menginspirasi dari kiprah DR I Ketut Mardjana inilah yang dilirik dan dijadikan bahan penilaian oleh panitia Entrepreneur Festival yang diselenggarakan oleh Money&I Magazine yang diterbitkan BPR Lestari. Untuk kategori Lestari Entrepreneur of The Year 2019 didasarkan pada kriteria penghargaan untuk pelaku usaha yang bisnisnya telah terlihat secara nyata memberikan kontribusi kepada lingkungan dan pertumbuhan masyarakat di Bali.

Menurut panitia sendiri proses penilaian sudah dilakukan sejak tanggal 17 September 2019 oleh Dewan Juri yang kredibel dan independen.

 

Dirut BPR Lestari(kedua dari kiri beserta Kick Andy

Menurut panitia penyelenggara, dewan juri yang kompeten di bidangnya mendasarkan penilaian pada beberapa kriteria diantaranya adalah bisnisnya sudah eksis sedikitnya 3 tahun, produk dan performa perusahaan excellent. Brandnya populer, diliput media secara luas, berprestasi atau produknya diekspor ke pasar internasional. Kemudian terdapat sejumlah outstanding move yang dilakukan oleh pengusaha, sehingga bisnisnya bertumbuh, skala bisnisnya memungkinkan untuk terus bertumbuh dan model bisnisnya bisa ditiru serta mampu menjadi inspirasi bagi siapa saja yang hendak mendirikan usaha serupa (mampu diraih).

Kriteria terakhir yang juga sejalan dengan program pembangunan Gubernur Bali I Wayan Koster adalah menjaga kearifan lokal (force for good).
Event Entrepreneur Festival 2019 ini sendiri dilaksanakan pada 28 September 2019 bertempat di Bhumiku Convention Center Jl. Gunung Soputan No. 49 Denpasar. Entrepreneur Festival sendiri disebutkan sebagai sebuah event seminar dan ekshibisi bagi para pelaku UKM dan Start Up di Bali.

Event yang bertemakan

 

“Unbranding “inilah adalah event keenam kalinya yang diselenggarakan sejak 2013. Bila diperhatikan lebih lanjut event Entrepreneur Festival ini adalah sedikit dari event yang menyikapi era revolusi industri 4.0 yang digalakkan pemerintahan Jokowi.

Sejumlah narasumber penting hadir dalam event Entrepreneur Festival 2019 ini seperti Andy F. Noya (executive producer brand adventure dan host Kick Andy di Metro TV), Arto Soebiantoro (Producer Brand Adventure), Alex P. Candra (Chairman Lestari Group).

Kegiatan-kegiatan seperti Entrepreneur Festival ini tentu sangat penting menyongsong era Revolusi Industri 4.0 yang juga menjadi concern pemerintahan Jokowi. Tentunya diharapkan Bali sebagai etalase Indonesia di mata dunia diharapkan akan melahirkan entrepreneur-entrepreneur baru yang nantinya bisa berbicara tidak hanya di level nasional namun juga internasional.

Berhasil membangun usaha, sukses di bidang karirnya masing-masing dan tentu saja jangan melupakan kontribusinya untuk membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Salah satu putra terbaik Bali asal Batur Kintamani yaitu DR I Ketut Mardjana telah memberikan contoh dan ikut meletakkan fondasinya.bali inspirasi