Bea Cukai Bali Nusra Launching Website

1

Bali Inspirasi.Selama rentang tahun 2018, Kanwil DJBC Bali Nusra berhasil mengumpulkan penerimaan negara sejumlah Rp 1,51 trilyun. Jumlah ini melampaui target sebesar Rp 295 milyar, atau 124,16% dari target yang ditetapkan.

Kepala Kanwil DJBC Untung Basuki mengatakan, realisasi penerimaan ini terdiri dari penerimaan Bea Masuk sebesar Rp 185.44 miliar, penerimaan bea keluar sebesar Rp 491.41 miliar, dan penerimaan cukai sebesar Rp 838.18 miliar.

“Dalam melaksanakan tugas tersebut, Kanwil DJBC Bali-Nusra dibebani dengan target kinerja yang harus dicapai setiap tahunnya,” jelas Untung Basuki, Selasa (15/01/2019).

Kontribusi pencapaian target itu terjadi di KPPBC Ngurah Rai, KPPBC Denpasar, KPPBC Mataram, KPPBC Sumbawa, KPPBC Kupang, KPPBC Atambua dan KPPBC Maumere.

“Semuanya juga berhasil melampaui target penerimaan yang ditetapkan,” ujarnya.

Di Bidang Pengawasan, sepanjang tahun 2018 Kanwil DJBC Bali-Nusra berhasil melakukan penindakan di bidang kepabeanan, cukai, dan penindakan narkotika psikotropika dan prekursor sejumlah 1.600 kasus.

Kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari penindakan ini mencapai Rp 15,01 milyar. Penindakan di bidang cukai di tahun 2018 mengalami lonjakan hingga 92,71% dibandingkan tahun 2017. Mayoritas penindakan di bidang cukai ini dilakukan dalam operasi ‘Gempur’ dalam rangka memberantas Barang Kena Cukai (BKC) ilegal.

Sementara, dalam hal penindakan narkotika, psikotropika, dan prekursor (NPP) juga mengalami kenaikan sebesar 76,74% dibandingkan tahun 2017, dengan jumlah barang bukti berupa NPP yang berhasil ditegah sebanyak 19.574,96 gram dan 604.345 butir.

Di bidang fasilitas, di tahun 2018 Kanwil DJBC Bali-Nusra melalui agen fasilitas di KPPBC Denpasar berhasil mengasistensi 15 perusahaan yang termasuk kategori Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk mendapatkan fasilitas kepabeanan berupa Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) bagi perusahaan IKM, yang biasa dikenal dengan fasilitas KITE-IKM.

Selain itu, di tahun 2018 Kanwil DJBC Bali-Nusra juga telah berhasil dalam menyukseskan agenda sidang tahunan IMF-World Bank 2018 yang dilaksanakan di Bali.

Pelayanan yang diberikan oleh satker di bawah kordinasi Kanwil DJBC Bali-Nusra juga mendapatkan respon yang positif dari para pengguna jasanya. Hal ini terbukti dari hasil survei kepuasan pengguna layanan yang dilakukan oleh Direktorat Kepatuhan Internal, Kanwil DJBC Bali-Nusra mendapatkan nilai 4,46 dari skala 5, melebihi target kinerja sebesar 4,16.

Di bidang penilaian integritas, di tahun 2018 lalu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
mendapatkan peringkat ke-3 dalam survey penilaian integritas, yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap 36 lembaga Pemerintahan.

“Untuk mempertahankan prestasi yang cukup membanggakan ini, Kantor Wilayah DJBC Bali-Nusra turut berpartisipasi dengan mencanangkan Zona Integritas dalam rangka menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tanggal 20 Desember 2018,” ujar Untung Basuki,sekaligus dalam rangka launching website Bea Cukai’www.bcbalinusra.id .bali inspirasi.