Home Wisata Badung Bahari Festival 2017 Hadirkan 16 Negara Dongkrak Kunjungan Wisatawan...

Badung Bahari Festival 2017 Hadirkan 16 Negara Dongkrak Kunjungan Wisatawan Saat Low Season

660

Badung menggelar program inovatif terbaru dengan menyelenggarakan Badung Bahari Festival 2017 dalam rangka meningkatkan angka kunjungan wisatawan dengan memanfaatkan secara maksimal potensi kekayaan bahari.

Tidak tanggung tanggung Festival ini akan mengundang 16 Negara, berambisi mengalahkan Festival Jember, dengan pawai kreasi lebih spektakuler mengambil lokasi di Tanjung Benoa,Pantai Pandawa, Pantai Kuta dan centra pusat Perikanan pantai Kedonganan.Anggaran fesival ini dirancang sebesar Rp.5 Miliar dari APBD Pemkab. badung,

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakkanlut) Made Badra didampingi Kabag Humas dan Protokol AA Gede Raka Yuda memastikan Badung Bahari Festival  digelar pada 2017 mendatang, pada Low Season.

Latar belakang BBF ini,karena selama ini wisatawan  ke Bali khususnya Badung merupakan wisatawan repiter (berulang-ulang), “Agar wisatawan tidak jenuh, inovasi terhadap objek dan destinasi wisata baru wajib dilakukan,” tegas Badra.Disamping itu untuk mendongkrak kunjungan disaat sepinya kunjungan pada bulan bulan tertentu.

Pertimbangan lainnya,  untuk memaksimalkan potensi Kemaritiman kawaasan Badung Selatan  dirancang BBF 2017 dengan tagline “Aku Cinta Laut”. Selain menaikkan kunjungan  pariwisata, , festival ini diharapkan mampu memaksimalkan potensi bahari yang membentang  di wilayah Kabupaten Badung.

Grand opening festival ini yang dikemas mewah ini, digelar di Pantai Samuh Tanjung Benoa,  mengundang dua Menteri yakni Menteri Pariwisata dan Menteri Kelautan,yang

Akan menampilkan tarian massal, gong kebyar, dan tari penyambutan Sekar Jepun oleh 500 penari, serta  pawai, atraksi watersport, parade Jegeg Bagus Badung 2016 (10 pasang), dan pemilihan king and queen (50 pasang)  melibatkan tamu-tamu  asing yang menginap di Badung.
Atraksi wisata ditengah laut yakni wind surfing, paraciling, paradigling, kamo flaying, waterpomp, banana boat akan mewarnai dan sepanjang pantai Samuh. Panitia juga  menyiapkan tiga venew yakni Tanjung Benoa, Pantai Pandawa dan pantai Kuta.Selama
Selama tiga hari digelar banyak kegiatan.

Hari pertama digelar Dragon Boat Festival di Kedonganan, mengundang peserta dari 16 negara, didukung  Akari Badung, “ Kehadiran  peserta dari 16 negara, diharapkan wisatawan yang menginap semakin betah berlama lam di Badung” katanya.
Bukan itu saja, untuk mengaprerisiasi hasil pemotretan wisaan atau media, diadakan  lomba foto bahari, dengan kriteria  view laut, aktivitas nelayan, dan atraksi wisata bahari. Acara lainnya berupa coral bleaching photo exhibition, artificial reef/coral transplantation adopt coran, tanam terumbu karang berisi nama wisatawan yang terlibat, surfing competition di pantai Halfway Kuta, lomba renang.
Hari berikutnya digelar discovery snorkling, T-shirt kids painting competition, body and T-shirt painting  terbuka untuk umum,melibatkan 30 model  digelar di pantai Mengiat.Tak ketinggalan  fashion show art carnaval, bakti sosial dan pembersihan mangrove dan  Festival kuliner Nusantara.

Dihari ketiga  fishing tournament di Nusa Dua, underwater clean up, workshop di Inaya Putri Bali  narasumber dari  KKP pusat dan Seminar Nasional “Bagaimana Konservasi Laut dan Kelestarian Budaya Bali “, juga parade jukung tradisional rute pantai Barat Badung  start di pantai Cemagi.Untuk memerahkan BBF ada music festival  menampilkan grup band anak-anak pantai. Yang paling menarik  ditutup dengan menggelar Upacara Pakelem Ring Segara.  ( Nani )