ASUS ZenBook 3 UX390UA, Notebook Prestisius dengan Performa Terbaik

582

Dengan desain dan teknologi masterpiece, ultrabook 910 gram dengan ketebalan hanya 1,19cm ini merupakan notebook berbasis Windows 10 Home paling tipis dan stylish yang pernah dibuat. Namun demikian, ia diperkuat oleh sejumlah komponen bertenaga. Dengan demikian, pengguna tidak lagi perlu memilih antara kinerja ataupun gaya.

Didesain dari awal untuk mengakomodasi tuntutan spesifikasi yang mumpuni, ultrabook premium tersebut menggunakan body aluminium alloy 6013 standar aerospace yang umum digunakan pada struktur primer pesawat terbang. Materialnya 50% lebih kuat dibanding material yang umum digunakan pada notebook. Body ZenBook 3 UX390 yang tampak lembut ini sebenarnya sangat kuat.

ASUS juga mengubah makna dari notebook thin and light dengan membuat standar baru yakni ketebalan hanya 1,19cm dan bobot 910 gram. Notebook yang tetap memegang konsep concentric spun-metal finish di bagian lid-nya ini juga punya dimensi yang lebih ringkas dari kertas A4.

Hadir dalam tiga pilihan warna elegan, Rose Gold, Quartz Grey dan Royal Blue, ketiganya memiliki golden metallic edge di sekeliling lid yang dibuat dalam 2 tahap anodizing untuk memastikan daya tahannya. Untuk pengetikan yang lebih nyaman, ZenBook 3 UX390UA menggunakan illuminated full size keyboard dengan travel distance 0,8mm. Jauh lebih nyaman dibanding notebook ultra tipis kompetitor yang hanya 0,4mm.

Meski punya chassis yang ultra tipis dan ultra ringan, ZenBook 3 punya komponen yang biasa ditemui di nontebook berukuran lebih besar. Beberapa komponen bertenaga tersebut di antaranya adalah prosesor Intel Core i7 generasi ke-7, memori LPDDR3 2133MHz hingga 16GB, SSD PCIe Gen 3 x4 berkapasitas 512GB. Selain itu tersedia pula port USB Type-C untuk konektivitas masa depan.

Seluruh komponen tersebut dapat dimasukkan ke dalam chassis yang tipis karena ASUS telah mengubah sistem pendinginan internal yang terpasang di dalamnya. Secara total, sistem pendinginannya hanya memiliki ketebalan 3 milimeter, dengan sirip-sirip kipasnya hanya setebal 0,3 milimeter.

Agar lebih bertenaga, material pendinginan dibuat dengan bahan yang disebut liquid-crystal-polymer. Sistem pendinginan juga memiliki heatpipe yang dindingnya setebal 0,1 milimeter namun mampu mengarahkan udara hangat ke arah ventilasi tersembunyi yang berada di balik engsel. Dengan demikian, notebook dapat bekerja dengan efisien dan sejuk meski saat full load.

ASUS ZenBook 3 UX390 memiliki layar 12,5 inci dengan resolusi FullHD dan diberi lapisan Corning Gorilla Glass 4 dari ujung ke ujung. Layar tersebut dibingkai dengan bezel yang juga tipis, hanya 7,6 milimeter sehingga membuat ZenBook 3 punya rasio screen-to-body yang sangat besar, yakni mencapai 82 persen.

ASUS Transformer 3 Pro, PC 2-in-1 Serba Bisa

Transformer 3 Pro bisa berfungsi sebagai tablet mumpuni dengan stylus ASUS pen yang menawarkan akurasi dan kontrol yang mulus. Dengan dipasangi Transformer Cover Keyboard yang tipis, notebook berbasis Windows 10 Home ini bisa berfungsi sebagai notebook. Bisa juga sebagai PC desktop dengan menghubungkannya dengan “Universal Dock” sehingga ia punya port tambahan untuk memasang monitor dan keyboard.

Diposisikan sebagai PC paling serba bisa di dunia, Transformer 3 Pro merupakan PC 2-in-1 pertama yang mampu berfungsi penuh sebagai tablet, notebook, music station, bahkan sampai perangkat gaming kinerja tinggi. Semua bisa dimungkinkan dengan menghubungkan berbagai aksesoris ke Transformer 3 Pro.

Yang paling menarik, Transformer 3 Pro bisa disambungkan dengan ROG XG Station 2 yang akan berfungsi sebagai docking station bertenaga. ROG XG Station 2 ini punya kartu grafis yang bisa dimanfaatkan oleh Transformer 3 Pro untuk mengolah grafis kompleks secara instan.

Didesain sebagai PC 2-in-1 bertenaga,

cover yang bisa berfungsi sebagai dudukan dengan engsel mulus yang dapat digeser hingga 155 derajat. Unitnya sendiri hadir dalam dua pilihan warna yakni Icicle Gold dan Titanium Grey. Adapun cover keyboard-nya punya pilihan warna Stone, Amber, Taupe, dan Charcoal.

Transformer 3, Mobile PC Sebenarnya

Serupa dengan Transformer 3 Pro, Transformer 3 juga punya layar sentuh dengan resolusi 3K. Ia juga punya port USB type-C serta Thunderbolt 3 yang memungkinkannya disambungkan dengan mesin grafis bertenaga yakni ROG XG Station 2. Bedanya, jika Transformer 3 Pro ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan performa komputasi tinggi, Transformer 3 lebih ditujukan bagi pengguna yang ingin memiliki perangkat untuk bekerja dan juga perangkat bermain di perjalanan.

Dengan alasan tersebut, ASUS memasangkan prosesor yang berbeda dengan Transformer 3 Pro. Pada Transformer 3, prosesor yang digunakan adalah prosesor Intel Kaby Lake low voltage yang menawarkan masa aktif baterai maksimal. Unit utamanya yang tipis dan ringan memang tidak punya kickstand, tetapi ia punya sleeve keyboard yang juga bisa digunakan untuk menopang produk dan menjadikannya sebagai Transformer 3 Pro menggunakan konstruksi metal premium dan punya layar 12,6 inci dengan resolusi 3K atau 2880 x 1920 piksel. Resolusi tersebut membuatnya menjadi salah satu perangkat dengan densitas piksel tertinggi di kelasnya dengan 275ppi.

Yang menarik, di belakang unit utamanya, terdapat perangkat multimedia audio luar biasa dengan quad speaker system.

Quad speaker system ini sendiri sangat jarang ditemukan pada perangkat mobile, apalagi sebuah perangkat 2-in-1 yang tipis. Speaker yang tersedia pada Transformer 3 dilengkapi voice coil terbesar di keasnya. Dan dipadankan dengan teknologi amplifier mutakhir, ia mampu menghadirkan suara yang kencang, bertenaga dan dalam.

Speaker yang ada juga mampu dengan cerdas mendeteksi orientasi dari tablet lalu mengatur agar suara bass selalu dikeluarkan dari dua speaker yang tersedia di bawah. Adapun suara dengan frekuensi tinggi dapat dialirkan agar kelular melalui dua unit speaker yang tersedia di bagian atas tablet.

Mendukung aktivitas mobile penggunanya, Transformer 3 dilengkapi baik kamera depan dan juga kamera belakang. Untuk kamera belakang, dia punya kamera dengan resolusi 13MP, sementara kamera depannya punya resolusi 5MP. Resolusi kamera ini jauh di atas rata-rata resolusi kamera untuk notebook.

Adapun untuk pengamanan saat di perjalanan, perangkat dengan sistem operasi Windows 10 ini dilengkapi fingerprint scanner di bagian kiri atas layar. Dengan satu sentuhan, pengguna bisa membuka kunci Transformer 3 dalam hitungan satu detik tanpa perlu mengetikkan password.(NANI)