20TH Nusa Dua Fiesta 2016 “ Bring The World to Bali “

482

PT.Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tahun ini kembali menggelar event “Nusa Dua Fiesta 2016”( NDF ) 2016 ke -20 kalinya dilaksanakan sejak tahun 1996 yang menjadi salah event tahunan paling ditunggu public di Bali.

Selain sebagai wahana apresiasi  bagi hotel dan tenant di Kawasan Pariwisata Nusa Dua ( KPND) kepada para tamu dan pengunjung, juga sebuah pesta besar untuk ajang penampilan berbagai atraksi seni, budaya dan kuliner di Indonesia, termasuk kegiatan olahraga, hiburan dan pentas musik lokal/nasional/internasional  diolah secara harmonis.

NDF 2016 akan dibuka  Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya beserta Menteri Koperasi & UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga Jum,at ( 16 – 20 /11 )2016),rangkaian NDF  dipusatkan di Pulau Peninsula,sebuah pulau diujung Selatan ,sebagai ikon baru KPND untuk berbagai acara besar di luar ruang dengan kapasitas pegunjung sampai 10.000 orang.

Ngurah Wirawan Direktur ITDC menjelaskan,pembukaan NDF 2016, dimulai dengan Parade Budaya, Reog Ponorogo, Kebo Iwa Colosal Dance dan Cak Bali Mandara, dan pawai berbagai aksi berbusana daerah yang ditampilkan tamu hotel dan karyawan hotel, yang disaksikan ribuan wisatawan dalam dan luar negeri, juga warga Nusa Dua berlangsung mulai Pkl.16.00 sampai pentas seni dimalam harinya.

Di Pulau ini, setiap pagi sampai siang hari acara diisi dengan pameran berbagai produk karya UMKM, permainan Euro Bungy, Parade Food Truck dan Demo/Lomba Kuliner serta Body Painting dan Cosplay. Mulai sore sampai malam hari, para pengunjung akan dihibur dengan pentas tari dari Bali dan India serta berbagai musisi lokal seperti : Balawan, Emoni dan Gus Teja, sampai ke nasional seperti Isyana Sarasvati, Yovie & Nuno, GAC, Maliq & D’Essentials, The Groove, Teza Sumendra, Imela Kei.

Khusus untuk pengembangan potensi lokal, selama acara NDF 2016 juga akan disisipkan kompetisi Sun Down Blues on Stage Battle, yang finalis terbaiknya akan ditampilkan bersama musisi blues nasional dan internasional pada Bali Blues Festival di bulan Mei 2017 di tempat yang sama.

NDF kali ini, kata Ngurah Wirawan melibatkan banyak Event Orginizer , selain  TRANSEVENm juga melibatkan  Garuda Wisnu Kencana, Dewan Kesenian Kuta Selatan, Persatuan Golf . MICE dan Pelukis Karitur , yang menjadi juri Body painting, serta melibatkan pengusaha 60 UMKM Mitra Binaan ITDC.

Selain acara pokok (Main Event)  NDF 2016  dilengkapi sejumlah acara pendamping berupa, Nusa Dua 10K, 5K, & Kids Run Minggu,(13/11)2016 dari06.00-09.00 di KPND rute jalan taman, tepi pantai dan lapangan golf; Tennis PGN Nusa Dua Open(13-19/11) di lapangan tenis KONI Bali, Grand Hyatt Bali & ITDC; Cross Cultural Cycling sejauh 22 km(19/11) mulai 07.00-11.00 start di GWK Cultural Park dan Finish di KPND.

Sedangkan, Nusa Dua Golf Tournament berlangsung (20/11)06.00 – 14.00 di Lapangan Golf Bali National Golf Resort, Nusa Dua. Green Hero Fun Walk (20/11) 06.00-10.00  kegiatan kerja bakti warga Nusa Dua mengumpulkan sampah, berkunjung ke Pusat Pengolahan Limbah KPND di Lagoon dan belajar tentang proses pengolahan limbah cair, serta sampah daur ulang dan composting sampah organic.

Untuk menggairahkan,Pasar Mitra Binaan BUMN, Sebelum pembukaan ( 16-20/11) dilaksanakan workshop bertema “Produk Kaki Lima Masuk Pasar Bintang Lima”, Lomba Desain Produk Merchandise dan Maskot Nusa Dua, hasilnya akan ditampilkan saat NDF 2016 berlangsung, “ Keseluruhan penyelenggaraan Side Event dilaksanakan, Event Organizer yang berbeda, namun saling melengkapi dan dibawah koordinasi penuh ITDC, “ jelas Ngurah Wirawan.

Sebagai bagian dari promosi pariwisata bersama antara ITDC dengan hotel, tenant, komunitas dan warga masyarakat Nusa Dua, tujuan akhir dari NDF 2016 ingin menunjukkan pada dunia, KPND lebih dari sekedar sarana/sentra akomodasi dan konferensi. Sebagai sebuah resort terintegrasi dengan lebih dari 5.000 kamar kamar tidur dan sarana konferensi yang mampu menampung lebih dari 10.000 delegasi, KPND juga mampu menjadi venue bagi berbagai bentuk kegiatan outdoor skala besar, baik untuk kegiatan pameran, pertunjukkan, olahraga maupun hiburan.

“ Sesuai arahan Kementerian Pariwisata, KPND siap menjadi ujung tombak dalam kompetisi internasional untuk penyelenggaraan berbagai event MICE tingkat dunia, dengan layanan terbaik dalam segala bidang, “ tandas Ngurah Wirawan. ( Nani )