Super Hero, Tokoh Nasional hingga Tokoh Dunia Tampil di Museum De Arca

1976

YOGYAKARTA – Ingin foto bersama superhero, seperti Ironman, Captain Amerika, dan Thor? Atau ingin mengenal tokoh-tokoh nasional dan tokoh dunia? Kalian dapat mengunjungi De Arca Statue Art Museum dan De Mata Trick Eye yang terletak di Jalan Veteran, Umbul Harjo, Gedung XT Square, Yogyakarta. Di museum ini wisatawan dapat melihat aneka replika dari tokoh nasional, super hero, hingga tokoh-tokoh dunia.

Museum patung lilin ini memang mengusung konsep hampir sama dengan Museum Madam Tussaud, namun yang berbeda adalah adanya kebudayaan jawa yang turut menghiasi museum De Arca ini, misalnya dapat dilihat pada patung Spiderman yang menggunakan kain batik dan penutup kepala berupa blangkon.

Untuk masuk ke dalam wahana Museum De Arca pengunjung akan dikenakan tarif seharga Rp 50.000,- sedangkan untuk melanjutkan perjalanan ke Museum 3D De Mata yang juga masih dalam ruang lingkup De Arca, makan pengunjung akan dikenakan tarif sekaligus sebesar Rp 75.000,-. Museum ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Museum De Arca memiliki tiga titik lokasi, yakni pada pintu utama pengunjung akan disuguhkan dengan patung-patung tokoh nasional, seperti Pangeran Diponegoro, Pattimura, Ir. Soekarno, Sultan Hassanudin, dan bebrapa patung mantan presiden Indonesia, seperti KH Abdurahman Wahid, Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono bahkan replika Mbah Marijan pun turut menghiasi museum ini. Tokoh nasional ini memang sengaja dipajang pada pintu utama agar wisatawan dapat mengetahui dan mengingat akan pahlawan yang telah membela Tanah Air.

Pada ruangan selanjutnya, wisatawan akan diperlihatkan beberapa replika super hero, seperti Ironman, Captain America, Thor, Hulk, dan Rambo. Adapun tokoh-tokoh dunia, seperti Ratu Elizabeth, Hitler, Yasser Arafat, Brad Pitt, Albert Einstein, Valentino Rossi, Harry Potter, dan Jackie Chan. Sedangkan pada area De Mata menyajikan tema olahraga, binatang, alam, dan ornament  lainnya dalam bentuk tiga dimensi yang terbuat dari olahan foto bercampur lukisan sebagai wahana untuk pengunjung yang ingin mengabadikan moment unik di museum ini.

Mira salah satu pengunjung mengatakan, museum De Arca ini memberinya wadah untuk mengenal tokoh dunia. “Sebenarnya sih mau foto sama Captain America dan super hero lainnya, tapi karena banyak patung berupa tokoh dunia dan pahlawan nasional jadi saya dan teman-teman juga dapt mengenal tokoh-tokoh tersebut dan bisa selfie bareng mereka,” ujarnya.

Demi menjaga kebersihan dan kenyamanan, para pengunjung diharapkan tidak mencoret, memindahkan atau merusak replika dan fasilitas yang ada di museum ini. Bagi kalian yang sedang berada di wilayah Yogyakarta segera datang dan temukan idola Anda dan ekspresikan bersama di Museum De Arca dan De Mata.Nisajogja 4 museum d arca 1 museum d arca 2