Perluas Pasar  UKM  dengan  Go Online 

1052

Pemkot Denpasar Dorong Gandeng Google

Baliinspirasi.com — Perhatian Pemerintah Kota (Pemkot)  Denpasar dalam hal keberlanjutan dan perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) cukup konsisten. Hal ini dapat dilihat dari berbagai program telah diluncurkan dalam memasarkan produk-produk UKM para perajin Kota Denpasar baik dengan menggelar event seperti pameran hingga sistem  e-commerce. Untuk lebih mengoptimalkan pasar menyambut MEA 2015, Pemkot Denpasar  mengandeng Google melalui program GAPURA Google Online.

Acara yang digelar Sabtu (9/5) di di Gedung Graha Sewaka Dharma, Denpasar tersebut menampilkan para pembicara dari google serta praktisi yang telah sukses menerapkan  marketing online, baik dari luar daerah maupun dari Bali sendiri.  Setidkanya ada 400 pelaku UKM dengan daftar tunggu mencapai 250 yang hadir mengikuti  workshop.  Pada kesempatan tersebut secara langsung juga dihadiri Head of Public Policy and Government Relation di Google Indonesia Sintho Nugroho, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Made Erwin Surya Dharma Sena, dan Kepala Dinas Kominfo Dewa Made Agung.

Menurut Walikota Rai Mantra melalui Teknologi Informasi (TI) yakni lewat Google Online yang dapat menjadi peluang lebih bagi UKM dengan bisnis online tanpa batas. Karena menurutnya  terjadinya krisis global para UKM masih kuat bertahan hidup, sehingga para UKM di Denpasar saat ini diharapkan dapat memanfaatkan peluang program GAPURA dari Google Indonesia dalam membangun usaha di dunia maya. “Melalui program ini sebagai kesempatan UKM menyerang dalam mempercepat proses ekonomi dirinya dengan lebih memperjelas dan memahami masalah media online ini,” ujar Rai Mantra.

Sementara Shinto Nugroho memberikan apresiasi kepada Walikota Rai Mantra atas komitmennya memberikan peluang dan kesempatan besar dalam mempromosikan berbagai hasil perajin Kota Denpasar. Dipilihnya Kota Denpasar menurut Shinto adalah sebagai salah satu Kota di Indonesia yang sangat progresif serta sangat terbuka dengan teknologi. Sehingga kerjasama ini diharapkan dapat memberikan edukasi gratis kepada UKM di Kota Denpasar untuk dapat memanfaatkan momentum teknologi yang terus akan berkembang. Dengan salah satu materi yang diberikan saat ini yakni membangun kehadiran bisnis di dunia maya melalui web, mobile, dan aplikasi.

“Dalam program GAPURA Google ini kita sangat menjaga keamanan dan kenyaman transaksi yang terhindar dari kasus-kasus penipuan,” ujarnya. Pihaknya pada kesempatan tersebut juga memperkenalkan produk terbaru Google yakni Google Bisnisku. Layanan ini mengenalkan  usaha atau  UKM yang ingin dipublikasikan melalui mesin pencai Google  melimuti alamat, jasa/barang yang ditawarkan hingga jadwal  (waktu) pelayanan. ikaw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here