Maybank Bali Marathon 2017 Perkenalkan Konsep Baru 1

151

Jakarta, 9 Agustus 2017 – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) hari ini mengumumkan persiapan final menjelang berlangsungnya lomba lari internasional Maybank Bali Marathon (MBM) 2017, pada Minggu, 27 Agustus 2017 mendatang di Bali.

Peserta
Dalam MBM 2017, sebanyak 9.000 peserta telah mendaftar, diantaranya dari Kenya, Ethiopia, Amerika Serikat, Eropa, Australia dan berbagai negara Asia lainnya termasuk para penggemar olah raga lari di Indonesia yang terus bertumbuh pesat hingga saat ini.
Dari 9.000 peserta tahun ini, sekitar 2.500 peserta merupakan peserta kategori full marathon (FM-42,195 km)), di mana lebih dari 200 peserta merupakan peserta luar negeri, sementara peserta half marathon (HM-21,0975 km) sekitar 3.500 peserta diantaranya 400 peserta berasal luar negeri, dan selebihnya adalah peserta 10K dengan lebih dari 360 peserta merupakan peserta luar negeri. Jumlah peserta meningkat 20% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 7.500 peserta dimana seluruh slot publik telah terjual dalam waktu 3 (tiga) hari pertama dalam periode registrasi.
Jumlah ini masih bertambah dengan peserta lomba lari anak (children sprint) sebanyak 52 peserta dan penyandang disabilitas sejauh 10K sebanyak 50peserta.
Mengantisipasi meningkatnya peserta terutama untuk faktor kenyamanan dan keamanan, panitia telah mendisain pengadaan kantong-kantong barisan pelari dan mengatur urutan start berdasarkan kategori lomba dan juga catatan waktu terbaik (personal best-PB) peserta, sehingga peserta dengan PB tercepat akan berada di depan pelari dengan PB yang lebih lambat. Jumlah marshal yang dikerahkan juga meningkat dua kali lipat, disertai jumlah barikade jalan yang lebih banyak. Kedua hal tersebut dilakukan karena karakteristik rute yang baru, dimana para pelari akan melewati beberapa pusat keramaian kota dan bukan hanya jalan-jalan kecil.

Penyegaran
Pada MBM 2017, Maybank Indonesia melakukan sejumlah penyegaran untuk memberikan tantangan baru (new adventure) dan running experience yang lebih baik, memasuki tahun keenam penyelenggaraan sejak pertama kali dihelat pada 2012.

Rute Baru
Rute baru MBM, yang menyusuri dua kabupaten yaitu Gianyar dan Klungkung, mulai dari rute 10K, HM hingga FM, semuanya telah mendapatkan sertifikasi dan telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF). Pengukuran rute dilakukan oleh International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer. Cundy pula yang melakukan pengukuran rute MBM sebelumnya pada 2012, rute yang dipakai hingga penyelenggaraan 2016.

Race Pack Collection (RPC)
Berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, di mana pengambilan paket lomba (race pack collection-RPC) dilakukan di ruang tertutup, pada MBM 2017 RPC dilakukan di suasana tepi pantai Bali yang indah di Taman Bhagawan (Tanjung Benoa), dan akan disemarakkan dengan berbagai aktivitas serta acara yang atraktif, yang dapat membuat liburan para pelari dan keluarganya di Bali lebih mengesankan.

Teknologi
Selain itu, seperti tahun lalu, aplikasi smartphone “Event Tracking” Maybank Bali Marathon dari MyLaps, aplikasi smartphone berbasis GPS (Android dan iOS), juga kembali digunakan. Aplikasi ini sangat membantu melakukan pemantauan lokasi pelari secara real time oleh penonton maupun peserta lainnya. Penonton dapat memantau dimana para pelari berada dan dapat memilih tempat untuk memberikan semangat. Anggota keluarga dan teman juga dapat memperkirakan kapan pelari akan sampai pada garis finish.
“Dengan membawa sejumlah konsep baru, yang penuh penyegaran, baik dari segi rute, race pack collection, teknologi yang diterapkan serta dengan meningkatkanjumlah peserta, kami tetap berupaya menjaga kualitas lomba, dengan memprioritaskan segi keamanan dan kenyamanan bagi para peserta,” kata Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia.
“Konsep baru dan penambahan slot juga membawa konsekuensi adanya sejumlah aturan main yang baru, yang perlu dipelajari dan dipatuhi oleh para pelari demi mendukung kelancaran lomba. Salah satunya, pengaturan di area startyang sekarang sudah membagi pelari dalam kategori berdasarkan personal best, sehingga yang cepat bisa berada di depan yang lambat dan diharapkan dapat memperlancar jalannya lomba,” tambahnya.
Para peserta MBM 2017 dapat membeli foto selama mengikuti lomba dengan harga terjangkau. Tahun ini, MBM bekerja sama dengan FlashFrame dari Chicago, platform fotografi berbasis crowd source, yang mempertemukan fotografer dengan para peserta dari suatu event, yang ingin mendapatkan foto –foto kenangan dari event terkait. Platform fotografi tersebut memungkinkan semua fotografer, baik profesional, amatir, maupun yang sekedar hobi, untuk berpartisipasi dalam mengambil foto para pelari dengan memanfaatkan lingkungan alam yang indah.